parenting

Menggemaskan! Bangunan TK Ini Berbentuk Kucing Raksasa

Amelia Sewaka Jumat, 06 Apr 2018 18:03 WIB
Menggemaskan! Bangunan TK Ini Berbentuk Kucing Raksasa
Wolfartsweier, Jerman -

Siapa yang anaknya sering merasa malas pergi sekolah? Hmm, kalau si kecil belajar di sekolah ini pasti selalu semangat, Bun. Soalnya bangunan sekolahnya lucu banget, berbentuk kucing raksasa.

Sekolah dengan bangunan ini adalah taman kanank-kanak alias TK Die Katze yang berlokasi di Wolfartsweier dekat Karlsruhe, Jerman. Sekolah ini dibangun dengan bentuk menyerupai seekor kucing putih raksasa yang menawan.

Dikutip dari My Modern Met, gedung sekolah ini didesain oleh seniman Tomi Ungerer dan arsitek Ayla-Suzan Yƶndel. Saking lucunya, nggak heran sekolah yang sangat menggemaskan ini membuat anak-anak senang ke sekolah.

Setiap hari, para siswa diberikan kesempatan untuk bermain-main melalui bagian bangunan yang berbentuk mulut kucing. Setelah itu, anak-anak menembus ke dalam perut kucing. Wah, anak-anak semangat banget menjelajah bangunan yang bisa menampung 100 anak ini.

Menggemaskan! Bangunan TK Ini Berbentuk Kucing RaksasaSalah satu ruangan di sekolah TK bagian kepala kucing. Foto: Adriano A.Biondo


Desain bangunan yang unik memang disesuaikan dengan selera humor dan pengetahuan anak. Bentuk bangunan ini seperti kucing yang berjongkok dengan telinga tegak, dan terlihat seolah siap menerkam setiap saat.


Ada bagian bangunan yang terlihat seperti mata kucing besar nih, Bun. Nah, itu adalah jendela di bagian depan gedung. Ada juga perosotan yang menyerupai ekor kucing.

Dilansir Not a Paper House, Kindergarten Die Katze adalah simbol persahabatan Prancis-Jerman lantaran menggabungkan keunikan dua negara. Lalu kenapa sih bentuk bangunannya harus kucing? Ternyata kucing adalah hewan kesayangan sang arsitek. Selain itu dia memang ingin membuat sekolah yang berbeda dengan sekolah lainnya. Nah, kebetulan juga menurutnya karakter kucing cocok untuk menginspirasi anak-anak.

Walaupun begitu, sekolah ini layaknya sekolah TK pada umumnya kok, Bun. Perut kucing terdiri dari ruang ganti, ruang kelas, dapur, ruang makan, dan tangga.

Kepala kucing adalah ruang utama yang bermandikan cahaya matahari yang masuk melalui mata dan telinga kucing. Ada atap datar yang jadi tempat rumput tumbuh juga lho, dan ini diibaratkan sebagai bulu kucing.

Menggemaskan! Bangunan TK Ini Berbentuk Kucing RaksasaPerosotan di sekolah. Foto: Adriano A.Biondo


Harapannya anak bisa belajar sambil bersenang-senang. Kelak saat dewasa, anak-anak bisa mengingat masa-masa indahnya di TK.

Nah, berbicara memilih sekolah untuk anak, sebagai orang tua pastinya ingin memasukkan ke sekolah yang ternama. Tapi tentunya harus disesuaikan dengan kocek kita juga. Memang, sebaiknya mencari sekolah nggak hanya fokus pada akademisnya tapi juga yang fokus pada ekstra kurikulernya agar seimbang.


Dilansir Standard Media, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan Bunda dan Ayah ketika memilih sekolah buat anak dari mulai biaya, lingkungan sekolah kondusif atau nggak, staf pengajar yang komit dan efektif, kurikulum sekolah, keamanan, lokasi dan ukuran sekolah.

Menggemaskan! Bangunan TK Ini Berbentuk Kucing RaksasaIsi dalam ruangan sekolah kucing. Foto: Adriano A.Biondo


Sebelumnya pakar dan praktisi pendidikan anak Arif Rachman pernah bilang beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih sekolah TK dan SD yang baik untuk anak. Yang terpenting, dalam sekolah tersebut ada sentral bermain anak untuk mengembangkan 5 hal penting yaitu spiritual, emosional, jasmani, intelektual, dan sosialnya, yang dikemas dalam kegiatan belajar mengajarnya.

"Untuk guru TK sebaiknya telah mendapatkan pendidikan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sedangkan untuk sekolah dasar sebaiknya memiliki pendidikan minimal S1 dan untuk guru kelas 1, 2, dan 3 yang mengajar semua mata pelajaran sebaiknya juga mendapatkan pendidikan PAUD," ujar Arif, dikutip dari detikHealth.

(Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi