sign up SIGN UP search


parenting

Tips dari Bu Guru agar Anak Pede Tampil di Depan Umum

Radian Nyi Sukmasari   |   Haibunda Minggu, 08 Apr 2018 13:00 WIB
Supaya anak pede saat tampil di depan umum, ada tips dari bu guru yang bisa dicoba, nih. caption
Jakarta - Saat anak tampil di depan umum, misalnya ketika mengisi acara pentas seni (pensi) sekolah dan dia percaya diri alias pede, pasti orang tua happy banget dan juga bangga dong, Bun. Nah, ada tips nih, Bun, dari para ibu guru supaya anak khususnya yang duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK) bisa pede tampil di depan umum.

Kalau dra Ida Nursidah, koordinator TK B Pentas Seni Akhirussanah TK Islam Al-Azhar 1 Kebayoran Baru, punya tips yakni para guru menanamkan ke anak dia ingin orang tuanya sedih atau nggak ketika melihat dirinya tampil saat acara sekolah nantinya. Sudah pasti namanya anak-anak pasti ingin melihat bunda dan ayahnya happy kan, Bun.

"Kita bilang ke anak,'Kalau kamu tampilnya bagus pasti bundanya senang pas nonton nanti. Kalau kamu tampilnya nggak bagus bunda pasti sedih kok anak bunda kurang bagus ya tampilnya,'" kata Ida waktu ngobrol sama HaiBunda.


Meski begitu, Ida menekankan nih buat para orang tua apapun hasil penampilan si kecil nantinya tetap apresiasi anak ya, Bun. Sementara itu, koordinator TK A untuk pensi ini, RD Tati Hamdiah S.Pd bilang motivasi penting dikasih ke anak selama mereka latihan. Kemudian, diciptakan juga tuh, Bun, karakter yang bakal diperankan anak seperti apa.



"Kita kasih gambaran ke anak sehingga anak ngeh. Kita juga info ke bundaanya tolong dibantu ya anaknya. Misalkan anaknya dapat peran tokoh dengan logat Sunda, bundanya di rumah bisa bantuin tuh ngelatih cara ngomong anaknya dengan logat sunda," kata Tati.

Tips dari Bu Guru agar ANak Pede Tampil di Depan UmumTips dari Bu Guru agar ANak Pede Tampil di Depan Umum /Foto: Radian Nyi S


Nah, kalau kepala sekolah TK Islam Al Azhar 1 Kebayoran Baru Harlawati S.Pd yang akrab disapa Lala bilang latihan cukup pasti diperlukan untuk melatih rasa percaya diri anak ketika akan tampil di acara sekolah. Kemudian, perlu juga tuh, Bun, anak latihan di tempat yang memang dilihat banyak orang.

"Kalau di kita kan latihan setelah sebulan di lobi ya. Jadi di situ juga dilihatin banyak orang, anak jadi udah biasa sehingga dia percaya diri," tutur Lala.

Hmm, kalau Bunda punya trik apa ketika anak bakal tampil di acara sekolah dan supaya mereka percaya diri?

(rdn)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!