sign up SIGN UP search


parenting

3 Tips Ampuh Merespons Anak yang Suka Membantah Orang Tua

Asri Ediyati Jumat, 09 Oct 2020 18:41 WIB
Beautiful mother is comforting her sad little daughter at home. Family relationships. caption
Jakarta -

Anak Bunda mulai suka membantah? Ini adalah hal yang wajar, Bunda. Biasanya, anak mulai membantah orang tua ketika mereka sudah mulai duduk di bangku sekolah dasar (SD). Di usia SD, anak sudah merasa punya independensi.

Anak-anak yang sudah mandiri ini, memiliki kecenderungan untuk tidak setuju dengan orang tua atau mengabaikan orang tuanya. Hal ini terkadang membuat seorang anak menjawab perkataan, Bunda.

Dilansir Fatherly, ada beberapa menjadi penyebab anak membantah. Pertama, anak mungkin kelelahan dan akhirnya menjadi pemarah. Kedua, anak mungkin merasa siap untuk mengambil lebih banyak keputusan.


Ketiga, anak mungkin mengalihkan perhatian dan keempat, anak mungkin tidak menyadari apa yang mereka lakukan.

Nah, bagaimana nih cara merespons anak yang suka membantah orang tua? Berikut tiga tips ampuhnya:

1. Longgarkan kendali

Sepanjang hari, anak-anak selalu diperintah. Mulai dari rutinitas pagi, hingga jadwal kelas di sekolah, hingga melepaskan sepatu dan mengerjakan pekerjaan rumah, mereka selalu diarahkan.

Coba untuk longgarkan kendali Bunda atas aktivitas yang dilakukan anak. Mungkin seperti yang telah dibahas tadi, anak kelelahan dengan aktivitasnya seharian dan akhirnya menjadi pemarah.

2. Dibawa seru

Istilah zaman sekarang, jangan baper alias bawa perasaan. Anak membantah bukan seperti orang dewasa yang menolak, Bunda. Rachel Simmons, penulis buku The Curse of the Good Girl: Raising Authentic Girls With Courage and Confidence mengingat masa kecilnya waktu itu ketika menjadi gadis kecil yang suka membantah.

"Saya adalah Queen of the Eye Roll di zaman saya, tetapi orang tua saya tampaknya tidak terlalu peduli. Faktanya, mereka menganggapnya agak lucu. Jadi, abaikan hal-hal kecil, tetapi bersiaplah untuk (dengan tenang) berpijak pada hal-hal yang lebih besar," kata Simmons dikutip dari Lifehacker.

3. Tetap tenang tapi tegas

Amy McCready, pendiri dari Positive Parenting Solutions mengatakan ketika anak membantah, cobalah untuk tidak ikut marah. Ini cara kita menghadapi anak kelak akan menjadi contoh bagi mereka.

"Di sinilah kita benar-benar dapat menjadi contoh bagi mereka bagaimana bereaksi terhadap konflik. Dengan bersikap tenang, tegas, dan baik hati," kata Mcready.

Semoga tips tadi bisa membantu Bunda menyelesaikan masalah anak yang suka membantah ya.

Simak juga cerita Sophie Navita tentang pola asuh anaknya:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi