sign up SIGN UP search


parenting

Cerita Melanie Putria tentang Anaknya yang Alergi Junk Food

Amelia Sewaka Rabu, 18 Apr 2018 08:59 WIB
Ketika anak alergi junk food... caption
Jakarta - Orang tua pasti selalu ingin memberi yang terbaik untuk anak, terutama asupan gizinya. Kadang, kalau anak udah nggak mau makan, ada orang tua yang ngasih junk food si kecil deh. Kayak yang pernah dilakukan Melanie Putria nih.

"Ada momen di mana aku ngasih Sheemar junk food karena dia udah susah makan, belum lagi kalau di luar kayak ulang tahun temannya, jelas itu momen-momen yang nggak bisa aku kontrol dong ya," kata Melanie Putria saat ngobrol dengan HaiBunda.

Tapi, ternyata Sheemar baru diketahui punya alergi terhadap junk food dan awalnya Melanie juga sempat tak percaya akan jenis alergi tersebut.


"Alergi itu kan biasanya sumbernya dari seafood, buah, debu dan lainnya. Nggak pernah tuh aku dengar such things, orang kayak alergi karena junk food. Nah, aku coba nih tarik ulur berapa kali setelah periksa itu," tutur Melanie.

Jadi, Melanie mencoba ngasih Sheemar junk food, ketika si kecil batuk pemberian junk food distop dulu. Jadi semacam uji coba gitu, Bun. Kebetulan, Sheemar menghadiri acara pesta ultah temannya dengan menu makanan junk food.

"Wah, besoknya langsung Sheemar batuk-batuk karena udah tiga kali berulang ya udah aku percaya benar dia alergi junk food, aku bawa ke dokter lagi cek toraks dan benar kelihatan banyak lendir," ungkap Putri Indonesia 2002 ini.



Melanie menjelaskan memang ada anak yang sensitif akan junk food, entah itu dari bahan yang dibuat atau minyak yang dipakai untuk mengolahnya. Melanie pun akhirnya memutuskan mau nggak mau Sheemar harus menghindari junk food.

"Nggak boleh kena junk food jadi akhirnya harus exactly the same, pola makannya sama dengan aku tiap harinya," tutur Melanie.

Kalau kebetulan kondisi Sheemar lagi nggak beres, Melanie melarang keras Sheemar makan junk food bagaimana pun caranya. Tapi kalau pas cek toraks kondisi paru-paru Sheemar sudah bersih dan keadaan tubuhnya sudah fit bolehlah Sheemar makan junk food tapi sedikit.

Nggak hanya pola makan, olahraga juga sudah diterapkan Melanie ke anaknya lho, Bun, sebagai salah satu cara menjaga kesehatan Sheemar.

"Berhubung aku emang suka olahraga dan anak itu kan kayak sponge. Ketika dia lihat papa mamanya aktif secara fisik dia pasti akan ikutin," tutur istri vokalis band Maliq & D'Essentials ini.

Melanie mengakui, ia memang ingin membentuk hal positif dari efek berolahraga. Karena ada juga memang keluarga yang tidak menerapkan olahraga tapi Melanie ingin di pikiran Sheemar tertanam bahwa hidup sehat bisa mulai dari hal terkecil yaitu olahraga.

"Sheemar pernah lho ikut lomba lari hingga 3 km paling jauh pas umurnya 4 tahun dan dia nggak nyerah. Nah, di sini aku juga ajarin nilai sportivitas, tentang usaha dan pantang nyerah dan value lain dalam masa tumbuh kembang Sheemar," tutup Melanie Putria.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!