parenting

Apa Efek Anak Nonton Film Bioskop Tak Sesuai Usia?

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 29 Apr 2018 17:16 WIB
Apa Efek Anak Nonton Film Bioskop Tak Sesuai Usia?
Jakarta - Ngajak anak nonton film di bioskop boleh-boleh aja dong, Bun. Tapi gimana kalau film yang ditonton rating usianya nggak sesuai nih. Misal, film yang ditonton kita sama anak rating usianya untuk remaja atau bahkan orang dewasa.

Beberapa waktu lalu, saya sempat melakukan ini nih, Bun. Dua keponakan saya yang umurnya 10 tahun minta nonton salah satu film horor. Padahal, rating usia filmnya untuk orang dewasa. Dengan terpaksa saya pun ngajak dua keponakan nonton film itu.

Untungnya, di film itu nggak ada adegan mesra-mesraan tapi ada adegan menyeramkan yang penuh dengan darah. Memang sih nggak lama. Tapi di situ saya merasa bersalah juga. Hiks. Bunda pernah mengalami hal sama dengan saya?




Saya jadi penasaran kalau anak diajak nonton film di bioskop yang nggak sesuai rating usianya apa ya efeknya? Psikolog anak dari Tiga Generasi Fathya Artha Utami menjawab pertanyaan saya nih, Bun. Kata Fathya pada prinsipnya rating usia pada film dibuat dengan menyesuaikan konten, adegan, dan cerita film dengan usia penonton.

Sehingga kata Fathya memang sebaiknya anjuran usia itu diperhatikan sama orang tua agar anak tetap menonton film sesuai dengan tahap perkembangan anak. Tahap perkembangan ini menyangkut tahap kemampuan berpikir anak.

"Untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun, kemampuan berpikirnya masih cenderung konkret, di mana apa yang dia lihat diartikan secara literal sama anak," kata Fathya waktu ngobrol sama HaiBunda.



Apalagi, kadang anak masih sulit membedakan film dengan kenyataan. Padahal seperti kita tahu adegan di film kan rekayasa ya, Bun. Sehingga seringkali habis nonton film, adegan-adegan dan cerita di film masih terbawa di kehidupan nyata seolah-olah hal tersebut benar-benar terjadi. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi