parenting

Nak, Kamu Nggak Perlu Takut Ya di Rumahmu Sendiri

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 01 May 2018 08:02 WIB
Nak, Kamu Nggak Perlu Takut Ya di Rumahmu Sendiri
Jakarta - Anak sudah berumur di atas 3 tahun tapi kalau di rumah mau ngambil sesuatu, minta ditemani. Pernah punya pengalaman kayak gitu, Bun? Kalau pernah, nggak ada salahnya nih kita tanamkan ke anak bahwa di rumah aman kok.

Seperti sahabat HaiBunda, Nuri yang berbagi cerita anaknya yang berumur 4 tahun sering minta ditemani bundanya saat hendak mengambil sesuatu. Akhirnya, Nuri menekankan ke si kecil bahwa di rumah ini hanya ada bunda, ayah, dan dirinya (anak). Jadi, anak nggak perlu takut saat mau melakukan sesuatu di rumah.

Menanggapi hal ini, psikolog anak dari Tiga Generasi Chitra Annisya bilang menekankan ke anak bahwa di rumah aman dan cuma ada ayah, bunda, serta si kecil artinya menjelaskan ke anak bahwa lingkungannya aman dan nyaman. Sehingga, nggak ada yang perlu dikhawatirkan.


"Itu hal positif apalagi anak masih kecil di mana dia sering ditakuti sama orang dewasa di sekitarnya atau teman di sekolah. Perlu ditekankan ketakutan itu hal yang nggak perlu dialami di rumah ini karena sebetulnya rumah pun aman kok," kata Chitra waktu ngobrol sama HaiBunda.



Gimana kalau anak minta temani ke kamar mandi misalnya karena takut kecoak? Kata Chitra, memang pada hewan ada anak yang reaksinya berlebihan, ada juga yang nggak takut sama sekali. Kalau anak tipe yang nggak takut sama sekali pada hewan termasuk kecoak, kita tekankan aja, Bun, ke si kecil kalau kecoa itu kotor dan jangan dipegang karena nanti bisa memicu penyakit.

Beda lagi kalau anak cenderung penakut dan nggak mau dekat-dekat kecoak respons kita cukup biasa aja. Apa yang bisa disampaikan ke anak? Kata Chitra ini tergantung pada orang tua dan keluarga seperti apa. Yang penting, anak perlu diajarkan kalau ketemu kecoak gimana respons yang seharusnya. Misalnya memanggil ayah atau sekadar menjauh.

"Dan jelaskan ke anak kenapa itu perlu dilakukan. Misalnya kalau menjauh, kecoaknya nggak bakal membahayakan. Justru kalau dideketin kecoaknya malah deketin anak dan kalau jalan di kaki, bakalan kotor lho," kata Chitra.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi