sign up SIGN UP search


parenting

Kado Mainan yang Cocok untuk Anak Umur 3 Tahun

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 18 May 2018 04:26 WIB
Buat Bunda yang bingung mau kasih kado mainan seperti apa untuk anak 3 tahun, HaiBunda punya rekomendasinya nih. Simak yuk! caption
Jakarta - Di hari ulang tahun anak, kerabat, atau anaknya teman, kadang mau ngasih kado apa bisa bikin bingung nih, Bun. Nah, mainan umumnya dipilih untuk dijadikan kado. Kalau kebetulan si anak umurnya tiga tahun-an, ada nih kado mainan yang cocok kita kasih ke mereka.

Kata Tovah Klein, Direktur Barnard College Center for Toddler Development, anak umur tiga tahun umumnya lebih senang bergaul dengan orang lain karena di usia ini kemampuan mereka bersosialiasi udah mulai berkembang. Anak juga mulai punya ide lho.

"Mainan terbuka seperti balok dan mainan yang bisa disusun bisa membuat anak bereksplorasi dan mengeluarkan ide mereka. Di usia tiga tahun anak sedang semangat melakukan sesuatu sendiri," kata Tovah.




Sehingga, kata Marie Conti, kepala The Wetherill School di Gladwyne, Pennsylvania, di usia tiga tahun anak bakal enjoy banget, Bun, dengan sesuatu yang bisa membantunya mengasah kemampuan motorik. Nah, kemampuan motorik, kata Conti pada anak umur 3 tahun membantu mereka mengenali dirinya. Dengan kata lain, anak bisa merasa bangga dengan dirinya ketika dia mampu melakukan sesuatu yang butuh kemampuan motorik.

Nah, berikut ini kado mainan yang cocok dikasih ke anak umur tiga tahunan. Simak yuk, siapa tahu bisa jadi inspirasi, seperti dikutip dari Today:

Kado Mainan yang Cocok untuk Anak Umur 3 Tahun/Kado Mainan yang Cocok untuk Anak Umur 3 Tahun/ Foto: thinkstock


1. Mobil-mobilan

Kata Tovah, mobil-mobilan bisa mengasah kemampuan motorik anak karena mobil bisa digerakkan atau disusun. Mobil juga bisa jadi sarana anak untuk berimajinasi.

2. Pasir Mainan

Sebenarnya nggak harus pasir kinetik sih, Bun. Pasir mainan biasa pun cocok dikasih ke anak umur 3 tahunan. Dengan pasir mainan, kemampuan motorik halus dan kasar anak misalnya menyentuh, meraba, kemudian memindahkan pasir dari wadah bisa terasah. Kayak mobil-mobilan, pasir mainan bisa jadi sarana anak berimajinasi dengan dijadikan beragam bentuk.



3. Boneka atau Figur Karakter Tertentu

Nina Lindsay, Presiden Association for Library Service to Children bilang di umur 3 tahun anak sudah mulai mengikuti narasi. Nah, kado mainan berupa boneka atau figur karakter tertentu bisa jadi pilihan. Selain bisa dijadikan alat berimajinasi, mainan ini juga bisa kita jadikan tokoh ketika bercerita. Figur karakternya nggak harus selalu orang ya, Bun. Misalkan Bunda mau membelikan mainan dengan karakter kereta atau mobil misalnya, boleh juga kok.

Kado Mainan yang Cocok untuk Anak Umur 3 Tahun/Kado Mainan yang Cocok untuk Anak Umur 3 Tahun/ Foto: Hassan/detikcom


4. Alat Musik Mainan

Ya, walaupun anak belum mahir memainkan alat musiknya sehingga nada yang dihasilkan nggak enak didengar, kata pakar mainan edukasi Lauren Leisk ini bisa jadi sesuatu yang wow buat anak. Soalnya, anak bisa berkreasi dan berimajinasi dengan alat musik mainannya.

5. Sepeda atau Skuter

Sepeda atau skuter roda tiga juga bisa jadi pilihan kado buat si kecil. Dengan kado ini, anak umur 3 tahunan bisa melatih kemampuan motorik kasarnya dan mengeksplorasi lingkungan di sekitar pastinya.

Kado Mainan yang Cocok untuk Anak Umur 3 Tahun/Kado Mainan yang Cocok untuk Anak Umur 3 Tahun/ Foto: ilustrasi/thinkstock


6. Plastisin

Coba deh jadikan plastisin untuk kado anak umur 3 tahunan, Bun. Dengan plastisin anak bisa berkreasi sehingga imajinasinya terasah. Nggak cuma itu, menyentuh dan membentuk plastisin juga bisa mengasah motorik halus anak.

7. Mainan Balok atau Masak-masakan

Mainan balok yang bisa disusun jadi berbagai bentuk bangunan bisa jadi pilihan nih, Bun. Seperti kita tahu, mainan balok bisa dijadikan apa aja sama anak. Kalau si anak perempuan, masak-masakan bisa jadi pilihan kado juga. Ini terkait dengan imajinasi anak dan motorik halus serta kasarnya ketika sedang pura-pura memasak.

Ngomongin kado buat anak di hari ulang tahunnya, psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo yang akrab disapa Anas, bilang kado sebenarnya salah satu sarana untuk anak merasa dicintai. Walaupun, bahasa cinta ke anak ada lima yaitu entuhan fisik, art of service (dilayani), gift (hadiah), quality time, sama word of affirmation (pujian).

Perlu nggak-nya beliin kado saat si kecil ulang tahun, bisa Bunda pertimbangkan dengan tahu tipe anak kita seperti apa. Soalnya, ada anak yang merasa dicintai dengan kata pujian. Ada juga yang nggak terlalu semangat dikasih kado, tapi senang banget kalau diajak quality time sama bunda dan ayahnya, misalkan makan di luar bareng.

"Ada anak yang diajak makan di luar pas dia ultah, itu udah senang banget karena dengan begitu aja dia udah merasa ulang tahunnya dirayain. Jangan lupa, kita juga perlu ngajarin anak prioritas ya," kata Anas. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi