sign up SIGN UP search


parenting

Nggak Main-main, Ini Dampak Asap Rokok bagi Janin

Asri Ediyati   |   Haibunda Rabu, 23 May 2018 16:00 WIB
Kita tahu asap rokok sangat berbahaya. Kalau asap rokok memapar janin, apa efeknya? caption
Jakarta - Merokok masih menjadi hal yang umum di Indonesia. Hal ini karena menurut survei dan Kemenkes RI, sepertiga penduduk Indonesia mengisap rokok.

"Rokok adalah kumpulan dari racun sebanyak 4.000 zat kimia, 60 zat di antaranya menyebabkan kanker, zat utamanya nikotin," kata dr dr Darmawan B Setyanto SpA(K) di acara Seminar Media World No Tobacco Day di Gedung IDAI, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (23/5/2018).




Dalam satu batang rokok terdapat zat kimia sebagai bahan baku pelarut cat (toluene), bahan bakar roket dan racun dari rokok sangat jelas berbahaya bagi tubuh.

Lalu, bagaimana jika racun rokok terpajan pada janin? Jadi, menurut dr Darmawan, janin itu secara nggak langsung terpajan dengan asap rokok.

"Janin itu terpajan dengan third hand smoke, racun-racun sisa rokok yang melekat di tubuh perokok, sang ibu misalnya, racun menempel di perabot rumah. Racun ini bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Nggak banyak orang tahu soal ini," lanjut dr Darmawan.



Menurut dr Darmawan, semakin muda umur janin semakin nyata bahayanya.

"Ada penelitian tentang pajanan racun terhadap prenatal, hasilnya sebanyak 88 persen cairan amnion pada tubuh ibu perokok mengandung nikotin. Nikotin dimetabolisme menjadi kotinin bisa dilihat via urine. Dampaknya bayi berat lahirnya lebih rendah. Berisiko prematur, kematian janin, lahir mati, gangguan saraf, jantung dan komplikasi respirasi, sumbing," papar dr Darmawan.

Selain itu saat lahir janin yang terpajan racun dari rokok akan jadi bayi yang gampang rewel dan marah. Dampak lanjutannya yakni kerusakan otak, komplikasi saluran napas, jantung, kejiwaan, dan kecerdasan. (aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!