sign up SIGN UP search

parenting

5 Cara Efektif Ajari Anak Menghormati dan Menghargai Orang Lain

Nurvita Indarini Kamis, 31 May 2018 07:10 WIB
Miris ya rasanya melihat anak berkata-kata kasar dan kotor pada orang lain. Amit-amit, jangan sampai anak kita seperti itu ya, Bun. caption
Jakarta - Beberapa waktu lalu seorang saudara bercerita, anak tetangganya yang masih usia SD membentak-bentak ibunya karena keinginannya nggak dituruti. Di saat yang lain, anak itu meneriakkan kata-kata kasar dan kotor saat bermain dengan temannya.

Mendengar cerita itu, saya mengelus dada. Lalu pandangan saya beralih ke anak semata wayang saya yang umurnya baru akan 4 tahun. Nanti saat dia lebih besar, apakah dia akan tetap semanis sekarang? Apakah dia masih akan berbicara dengan intonasi dan pilihan kata yang baik juga?

Tentu kita nggak ingin anak kita tumbuh jadi anak yang seenaknya sendiri ya, Bun, yang menjadikan dirinya acuan segala macam kebenaran. Sehingga kalau nggak seperti yang dia inginkan, maka dengan mudahnya bersikap atau berbicara kasar.


Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan agar anak-anak kita tumbuh jadi sosok yang selalu menghormati dan menghargai orang lain, dikutip dari berbagai sumber.

1. Tanamkan Empati
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!