parenting

Yuk Bikin Reward Chart Agar Anak Makin Semangat Berbuat Baik

Melly Febrida Sabtu, 02 Jun 2018 13:47 WIB
Yuk Bikin Reward Chart Agar Anak Makin Semangat Berbuat Baik caption
London, Inggris - Pernah dengar reward chart alias bagan penghargaan buat anak, Bun? Ya, beberapa orang tua menggunakan cara ini sebagai salah satu cara memotivasi anak berbuat baik.

Salah satu yang menerapkan reward chart untuk anak adalah penyanyi Adele. Adele menggunakannya untuk mendorong putranya yang berusia 5 tahun, Angelo, melakukan tugas-tugasnya. Adele membeli semacam kalender aktivitas Gob of Jobs seharga sekitar Rp 1 juta. Wah, mahal juga ya.

Tapi sebenarnya nggak usah beli juga bisa, Bun. Sebab ada banyak cara untuk membuat reward chart sendiri. Kalau bikin sendiri tentunya lebih hemat dong.


Biasanya, dalam reward chart, orang tua memberikan bintang ke anak saat mereka melakukan perilaku yang baik. Bintang juga bisa diberikan ketika anak berhasil menyelesaikan tugas seperti merapikan kasur dan kamar tidurnya.

Berikut ini beberapa ide membuat reward chart untuk anak, seperti dilansir Huffington Post. Oh iya, saat membuatnya, kita bisa melibatkan anak juga lho.


1. Magnet Kulkas

Kita bisa menggambar chart dan menuliskan hari-hari dalam seminggu di atas selembar kertas A3, kemudian tempelkan di kulkas. Selanjutnya kita beli satu set magnet kulkas yang kecil-kecil.

Ketika anak bisa menyelesaikan tugasnya atau kita ingin memberikan reward karena anak sudah berbuat baik, kita bisa menempelkan magnet di kolom hari tersebut.

2. Stiker Bergambar

Anak-anak tentunya suka stiker ya, Bun. Cara ini hampir serupa dengan cara sebelumnya yang menggunakan magnet kulkas. Tapi, ini nggak menggunakan magnet melainkan pakai stiker.

Cara bikinnya, kita bisa menggambar bagan di atas kertas, dan siapkan stiker serta pena berwarna untuk menandai ketika anak sudah berbuat baik atau menyelesaikan tugas. Kelemahannya, kita harus terus membuat bagan baru setiap minggunya.

3. Kotak Hadiah

Kita bisa menggunakan kotak sepatu atau toples, serta sekantong kelereng atau koin atau bola kecil. Saat anak berbuat baik, kita memasukkan kelereng atau koin atau bola tersebut ke dalam wadah untuk memberikan reward.

4. Template Siap Pakai

Sebenarnya banyak di internet reward chart yang bisa kita download dan print. Praktis sih, tapi karena sudah jadi bisa membatasi kita membuat bagan yang sesuai dengan keluarga.

(Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi