sign up SIGN UP search


parenting

Adakah Bunda yang Kesulitan Melepaskan Botol Dot dari Anak?

Niken Widya Yunita   |   Haibunda Minggu, 24 Jun 2018 11:05 WIB
Botol dot merupakan barang kesayangan anak. Nggak heran sangat susah melepaskan botol dot dari si kecil. caption
Jakarta - Adakah Bunda yang anaknya berumur di atas satu tahun masih minum susu pakai botol dot? Hmm, sulit ya membuat anak lepas dari barang kesayangannya itu.

Dilansir dari Parents, dokter gigi menyarankan idealnya anak-anak lepas dari botol dot di umur satu tahun. Sebab botol dot dapat merusak gigi anak.

Apalagi botol dot hanya dipakai untuk mengunyah-nguyah, padahal susunya sudah habis. Inilah yang membuat gigi anak rusak.



Anak saya pun termasuk yang susah untuk lepas dari botol dotnya. Pada umur 4 tahun lebih barulah dia rela meninggalkan botol dotnya. Bayangkan, giginya sudah rusak parah. Terutama gigi depannya yang sudah hampir habis dan tidak berbentuk.

Tapi tahu nggak Bun, bagaimana cara anak saya bisa lepas dari botol dotnya? Saya membawanya ke dokter anak karena dia sedang sakit.

Saat diperiksa, dokter anak itu menyebut gigi anak saya buruk. "Ih, giginya jelek banget," kata dokter tersebut mengomentari gigi anak saya.

Sontak muka anak saya langsung merah. Wajahnya tertunduk. Sepulangnya dari rumah sakit, anak saya langsung meninggalkan botol dotnya. Ternyata komentar orang lain tentang giginya sukses membuat anak saya lepas dari botol dotnya.

dr Ari Yunanto, SpA, mengutip buku Indonesia Menyusui dalam artikelnya di situs Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan terlalu lama si kecil menggunakan botol dot bisa meningkatkan risiko maloklusi (hubungan rahang atas dan bawah menyimpang dari bentuk standar) dan karies gigi. Apalagi bila penggunaan dot dilakukan sambil tidur di malam hari.

Memang sih yang terkena karies dan bermasalah adalah gigi susu, Bun. Sedangkan pada usia 6-7 tahun biasanya akan mulai berganti dengan gigi dewasa. Tapi jangan disepelekan, karena perkembangan gigi susu akan menentukan pertumbuhan gigi dewasanya.



Penulis utama studi yang dipublikasikan di The Journal of Pediatrics, Rachel Gooze, Ph.D mengatakan, tidak mudah menjauhkan botol dot dari anak pada usia satu tahun. Namun jika upaya itu dimulai di usia dua tahun, maka akan lebih sulit.

Karena itu, sebaiknya perpindahan dari botol dot ke gelas atau cangkir dilakukan secara bertahap. Apalagi saat ini di pasaran banyak gelas atau cangkir gambar kartun kesayangan anak. Nah, jika sudah membeli gelas atau cangkir, jangan lupa untuk menyingkirkan botol dot dari penglihatan anak. Selamat mencoba!


(nwy)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!