parenting

Posting Foto Bayi yang Cuma Pakai Diaper, Yes or No, Bun?

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 05 Jul 2018 13:30 WIB
Posting Foto Bayi yang Cuma Pakai Diaper, Yes or No, Bun?
Oregon - Mengunggah foto si kecil yang masih bayi nan menggemaskan di media sosial (medsos) udah lumrah banget ya, Bun, dilakukan para orang tua. Hanya saja, gimana kalau fotonya saat si bayi cuma pakai diaper?

Baru-baru ini, istri pemain 'Little People, Big Wolrd: Back to the Farm' Jeremy Roloff, Audrey Roloff mengunggah foto putri kecilnya, Amber Rose di Instagram. Di foto itu, Amber yang berumur 10 bulan digendong di bahu ayahnya. Amber yang tampil menggemaskan pakai pita, sepatu boots merah dan diaper. Ya, Amber memang nggak pakai baju, Bun.

"Kalau foto ini nggak bikin harimu cerah, saya nggak tahu foto apa lagi yang bisa membuat harimu cerah," tulis Audrey di keterangan fotonya.


Sebagian netizen terkesima dengan penampilan Amber yang menggemaskan. Tapi, ada juga yang mengkritik Audrey kenapa mengunggah foto anaknya yang cuma pakai diaper. Seorang netizen bilang foto Amber memang menggemaskan tapi dia nggak akan mengunggah foto anaknya yang sedang nggak pakai baju di medsos. Soalnya, terlalu banyak orang asing dan sudah seharusnya sebagai orang tua kita waspada.



"Dia cantik banget, nggak diragukan lagi. Tapi di kota saya, orang tua bisa mendapat teguran ketika mengunggah foto anaknya seperti itu. Saya punya hak kan menyuarakan pikiran saya. Mungkin saya kolot makanya saya dan suami nggak pernah memposting foto anak perempuan kami tanpa pakai baju. Diskusi selesai," kata netizen lainnya.

Ada pihak yang kontra ada pula pihak yang pro, Bun. Dalam artian, beberapa netizen menganggap yang dilakukan Audrey nggak perlu terlalu diambil pusing. Ada netizen yang bilang sudah seharusnya kita memberi kesempatan untuk Audrey dan Jeremy. Foto ayah dan anak perempuannya itu amat berharga. Kalau bicara soal pedofil, dianggap si netizen itu terlalu jauh.

[Gambas:Instagram]

"Saya melihat segalanya manis kok di foto itu dan secara umum saya melihat orang lain dalam kondisi terburuknya," tulis netizen itu.

Terkait mengunggah foto anak di media sosial kembali lagi itu merupakan hak masing-masing orang tua. Namun, psikolog anak dan keluarga dari Tiga Generasi Anna Surti Ariani yang akrab disapa Nina mengatakan bunda dan ayah memang perlu hati-hati mengunggah foto anak. Sebisa mungkin anak memakai baju yang nggak terlalu terbuka. Atau untuk cari aman, buat akun medsos kita jadi privat, Bun. Dengan begitu yang bisa melihat foto anak-anak yang mungkin dengan berbagai versi cuma kita orang tuanya.

"Bicara pedofil, mereka bisa mengincar siapapun anak-anak. Tapi, ketika anak pakai baju yang terlalu terbuka misalnya, kemungkinan pedofil mengincar si kecil bisa makin besar. Sebaliknya nih, kalau kita merasa teman di medsos begitu banget sih unggah foto anaknya, biarin aja. Di-unfollow aja, abaikan. Tapi, kalau dia teman kita terus postingannya mungkin membahayakan anaknya ingetin dia lewat pesan pribadi ya. Jangan diingetin di depan umum," kata Nina.

Menurut Bunda gimana? Mengunggah foto anak di medsos ketika mereka cuma pakai diaper, yes or no?

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi