parenting

Cara Elegan Kristen Bell Hadapi Paparazzi yang Memotret Anaknya

Amelia Sewaka Selasa, 08 May 2018 09:00 WIB
Cara Elegan Kristen Bell Hadapi Paparazzi yang Memotret Anaknya
California, AS - Pernah merasa risi nggak sih, Bun, saat anak kita difoto oleh orang yang nggak dikenal? Tenang, hal itu pastinya dialami semua ibu kok, termasuk aktris setenar Kristen Bell.

Baru-baru ini istri dari Dax Shepard ini bercerita bahwa ia memergoki seorang paparazzi yang memfoto anak-anaknya dari seberang sekolah mereka. Jelas sebagai seorang ibu yang sedang menjemput anaknya, ia merasa marah banget. Apalagi yang dilakukan paparazzi memang kurang tepat walaupun Kristen Bell adalah aktris Hollywood yang mau tidak mau hidupnya penuh sorotan. Tapi, Kristen juga butuh privasi, terutama untuk anak-anaknya.

"Oke Kristen, kamu bisa menangani hal ini. Kata saya dalam hati," kata Kristen Bell seperti dikutip dari Today.


Kristen pun memarkir mobilnya yang di dalamnya terdapat anak-anaknya di depan mobil sang paparazzi tersebut. Kemudian ia mendatangi dan mengetuk kaca jendela mobil paparazzi itu.



"Saya bilang ke paparazzi itu, 'Halo nama saya Kristen, kamu sadar nggak kalau hal yang kamu lakukan membahayakan anak saya dengan memfoto anak-anak saya di depan sekolah mereka? Saya rasa ibumu mendidik kamu dengan benar jadi tolong hapus foto tersebut,'" kata Kristen Bell dengan tenang.

Mendengar ucapan Kristen Bell, si fotografer pun menghapus foto anak-anak Kristen yang ia ambil. Kristen memilih berbicara dengan tenang tanpa marah-marah, tapi tegas. Dan ternyata itu efektif banget.

"Kalau saya pergi ke mobilnya dengan keadaan berteriak dan marah-marah, saya yakin paparazzi itu nggak akan menghapus foto anak saya," kata Kristen Bell.

Cara Elegan Kristen Bell Hadapi Paparazzi yang Memotret Anaknya/Cara Elegan Kristen Bell Hadapi Paparazzi yang Memotret Anaknya/ Foto: Frederick M. Brown/Getty Images


Kristen dan suaminya memang terkenal sangat protektif banget pada anak-anaknya, tapi dalam arti baik lho, Bun. Tahun lalu setelah ia melahirkan anak pertamanya, ia bersama suami adalah pasangan yang paling vokal soal hak privasi untuk anak-anak selebriti dan memboikot semua publisis terutama paparazzi yang mengambil foto anak-anak selebriti tanpa izin.

Pada Januari lalu, Dax Shepard mengatakan pada The Huffington Post agar paparazzi memberi batasan dalam memfoto anak selebriti, terutama yang masih kecil. Ketika itu Kristen menggambarkan betapa menakutkannya ia yang seorang ibu berjalan sendirian sambil menggendong bayi dan mendengar banyak jepretan kamera paparazzi.

Permintaan merekapun didengarkan. Salah satu pemiliki agensi Steve Ginsburg berkata pada pasangan ini bahwa fotografer memang perlu dibuatkan aturan. Pada tahun 2013, California meloloskan permintaan ini untuk melindungi anak-anak selebriti ini dari bahaya dan pelecehan. Kristen Bell pun didukung ibu lainnya lho seperti Halle Berry, Jennifer Garner, dan Adele.



Sejauh ini beberapa publisis seperti Entertainment Tonight, Just Jared and People magazine setuju untuk berhenti menerbitkan foto-foto anak selebriti seperti dilaporkan Jezebel. Duh, pasti geram banget ya, Bun, kalau foto anak kita ada di mana-mana, dan amit-amitnya tahu-tahu dipakai untuk merugikan kita atau orang lain.

Sebenarnya hal ini nggak hanya berlaku pada selebriti lho, kadang kita pun bisa jadi 'paparazzi' buat anak. Orang tua millenials sekarang cenderung suka banget posting foto anaknya. Anak lagi ngapain foto terus posting, padahal belum tentu anaknya suka atau amit-amitnya nih, Bun, foto anak kita dipakai buat yang nggak-nggak seperti masuk situs penjualan anak atau lainnya. Hii, seram banget ya.

Kata psikolog dari Tiga Generasi, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, ada hal yang harus diperhatikan oleh orang tua millenial sebelum posting foto anak, yaitu kenyamanan.

"Anaknya mau nggak, kalau saya rasa anak-anak sekarang usia 4 tahun sudah bisa kita tanya tuh, boleh nggak bunda taruh fotomu di IG, Nak. Jelasin ke anak, nanti teman-teman bunda atau orang lain bisa lihat lho," ungkap Vera.

Vera bilang anak itu nggak paham kenapa dan untuk apa fotonya ada di sana. Jadi, nanti ketika anak usianya udah lebih besar, menurut Vera harus banget tuh didiskusikan lagi antara anak dan orang tua. Jangan lupa izin juga sama anak kalau mau posting sesuatu dengan bilang misalnya, 'Nak, Mama boleh nggak taruh foto kamu di medsos?'.

"Hal kayak gitu sama juga mengajarkan ke anak bahwa dia punya hak lho untuk menolak, berhak untuk nggak suka dan mengajarkan soal privasi," sambung Vera. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi