parenting

Dukungan untuk Anak yang Sakit Serius Seperti Putri Denada

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 19 Jul 2018 12:51 WIB
Dukungan untuk Anak yang Sakit Serius Seperti Putri Denada
Jakarta - Si kecil Shakira yang merupakan putri semata wayang penyanyi Denada sedang menjalani perawatan di Singapura karena leukemia. Namanya anak-anak, pasti ada kalanya mereka merasa takut atau bosan ya, Bun, saat menjalani pengobatan. Hati ini pasti sedih ketika melihat anak down ketika melawan penyakitnya. Namun, sudah semestinya dukungan tetap diberi kepada si kecil.

Dalam wawancara eksklusif dengan Rumpi No Secret Trans TV, Denada bilang ketika hendak menjalani pengobatan yaitu kemoterapi si kecil Shakira sempat merasa takut. Sudah pasti hati Denada nggak tega melihat putrinya ketakutan. Namun Denada berusaha menguatkan Shakira dengan memberi tahu apa yang dirinya lakukan ketika takut yaitu membaca dua doa Al Fatihah dan Al Ikhlas.

"Pernah di suatu hari dia habis disedatif. Shakira sudah bangun, pas sampai di tempat dia aku jalan pelan-pelan pas aku lihat, intip, dia lagi tidur sendirian lagi nangis dan dia lagi berdoa Al-Fatihah, aku tungguin, dia berdoa Al-Ikhlas, sendirian, sambil nangis. Di hari itu aku merasa sebagai seorang ibu aku sudah berhasil mengajarkan dia satu hal bahwa di saat kamu ketakutan, kamu sendirian, kamu butuh pertolongan nggak ada yang lebih menolong kita dari Allah. Di sisi lain hancur hati aku karena aku lihat Shakira ketakutan sekali," papar Denada.


Terkait apa yang dilakukan Denada, psikolog anak dari Tiga Generasi, Marcelina Melisa, yang akrab disapa Lina bilang sebenarnya yang dilakukan Denada dengan bilang ke Shakira bila dirinya takut baca surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlas, itu sesuatu yang mendasar di mana kita harus berpasrah pada Tuhan.

"Acungin jempol banget deh buat Mbak Denada. Nah, untuk orang di sekitar anak perlu banget memperlakukan dia sebisa mungkin seperti biasa. Karena, buat anak ketika mereka sakit yang cukup serius yang mengagetkan adalah reaksi orang sekitar," tutur Lina waktu ngobrol sama HaiBunda.



Misalnya orang-orang di sekitar dia biasanya happy ini semua sedih semua. Waduh, ini akan bikin anak mempertanyakan kenapa reaksi orang di sekitarnya berubah total begitu, apakah yang anak alami sesuatu yang jelek banget sampai orang di sekitarnya berubah begitu.

Denada dan putrinyaDenada dan putrinya /Foto: Instagram


"Jadi kita orang sekitar biasa aja, ajak ngobrol biasa aja nggak perlu mengasihani berlebihan. Kalau biasa melakukan aktivitas, ajak dia main yang bisa dilakukan. Main kayak biasa aja. Sama kayak anak korban bencana aja setelah luka fisik dia perlu berfungsi lagi seperti orang normal. Anak juga begitu," tutur Lina.



Video Jerry Aurum yang memaparkan penyakit anaknya bisa disimak di video berikut ini ya, Bun.

[Gambas:Video 20detik] (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi