sign up SIGN UP search


parenting

Kebersihan Lingkungan Juga Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak Lho

Asri Ediyati Senin, 23 Jul 2018 14:22 WIB
Bukan cuma kombinasi nutrisi dan stimulasi, tumbuh kembang anak juga dipengaruhi kebersihan lingkungannya lho, Bun. caption
Jakarta - Usia nol sampai dua tahun adalah periode emas seorang anak. Oleh karena itu kita sebagai orang tua perlu memberikan yang terbaik. Setuju, Bun? Nah, selain kombinasi nutrisi dan stimulasi dini, lingkungan terutama kebersihan juga sangat memengaruhi tumbuh kembang anak, Bun.

Menurut dr Natia Anjarsari SpA dari Brawijaya Hospital, kebersihan atau higienitas adalah hal yang paling murah kita lakukan untuk memutus rantai infeksi.

"Saya paling cerewet kalau urusan kebersihan, jadi sebelum pegang bayi, sebelum pegang alat makan mereka, kita harus cuci tangan," kata dr Natia di acara Media Gathering Sleek Baby di XXI Club Djakarta Theathre, Jakarta Pusat, Senin (23/7/2018).




dr Natia membagikan pengalamannya ketika ada pasiennya yang sakit karena hal sepele. Misalnya teether jatuh langsung dimasukkin ke mulut atau ganti popok kelamaan.

"Yang sebenarnya jangan sampai terjadi yaitu newborn kena diare karena hal sepele. Karena mereka bisa cepat dehidrasi. Penggantian popok yang terlalu lama juga bisa membuat si kecil kena risiko infeksi saluran kemih (ISK). Mereka terpapar sama pipis dan BAB," ujar dr Natia.

dr Natia bilang ISK terkadang nggak ketahuan gejalanya, tapi bila dibiarkan bisa ada risiko infeksi lanjutan, seperti infeksi pada ginjal. Hal ini otomatis membuat semuanya terganggu, anak gampang rewel, nggak mau nyusu karena sakit dan akhirnya tumbuh kembang anak pun ikut terganggu.

dr Natia menambahkan penggunaan alat masak yang bersih penting diperhatikan orang tua. Sebisa mungkin, ketika membersihkan alat masak dan alat makan anak, gunakan produk pembersih yang sudah teruji klinis dan food grade.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!