parenting

Di Umur Berapa Anak Sudah Boleh Makan Es Krim?

Radian Nyi Sukmasari Senin, 23 Jul 2018 19:36 WIB
Di Umur Berapa Anak Sudah Boleh Makan Es Krim?
Jakarta - Es krim bisa jadi salah satu kudapan favorit anak. Terlebih pada anak di atas 6 bulan kadang mereka udah punya rasa ingin mencicipi es krim ketika orang di sekitarnya makan es krim. Nah, sebenarnya di umur berapa sih anak sudah boleh makan es krim?

"Di atas umur 12 bulan anak udah boleh kok makan es krim. Kalau dibilang alergi dingin, sebenarnya respons tiap orang terhadap dingin beda. Ada yang keluar ingus misalnya. Es krim juga sebetulnya dingin pas di mulut tapi pas udah masuk kerongkongan dan lambung udah sama suhunya dengan suhu tubuh kita," tutur dr Yulianto Santoso Kurniawan, SpA, dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan.

Pria yang akrab disapa dr Anto ini bilang karena es krim merupakan produk turunan maka bisa dijadikan camilan. Berarti pemberiannya di jam-jam pemberian snack anak, Bun. Misalnya di jam 10.00 atau 16.00. Untuk porsinya, kata dr Anto sekitar satu cup kecil sudah cukup. Kalau bisa, ganti es krim dengan produk turunan susu lainnya ya.




Misalnya yoghurt atau keju. Dan kembali soal es krim dr Anto menyarankan es krim bisa dijadikan topping atau pemanis jenis makanan lain. Misalnya saat kita menyajikan buah, lalu es krim dijadikan sausnya. Atau buah potong dicocol es krim juga bisa jadi aktivitas yang menyenangkan.

Terkait anggapan saat anak batuk pilek nggak boleh makan es krim, kata dr Anto sebenarnya boleh-boleh aja, kok, Bun. Tapi baiknya suhu es krim nggak terlalu dingin, jadi dikeluarkan dulu es krimnya dari freezer. Karena es krim dingin otomatis bisa menimbulkan reaksi seperti pilek.

"Pilek batuk tanpa demam nggak perlu dikhawatirkan. Batuk itu reaksi tubuh untuk keluarkan lendir. Memang makanan terlalu dingin bisa picu batuk tapi bukan berarti nggak boleh makan es krim. Jangan terlalu dingin aja esnya jadi agak lumer gitu. Atau dicampur roti, biskuit bisa juga," tambah dr Anto di sela-sela Live Instagram HaiBunda 'Nutrisi Anak Susah Makan', Senin (23/7/2018).

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi