parenting

Sebagai Ibu, Kita Harus Pintar 'Meramu' Pola Asuh untuk Anak

Amelia Sewaka & Amelia Sewaka Sabtu, 04 Aug 2018 16:00 WIB
Sebagai Ibu, Kita Harus Pintar 'Meramu' Pola Asuh untuk Anak
Jakarta - Tiap orang tua pasti punya cara mendidik anak yang berbeda, begitu juga dengan presenter dan penyiar Novita Angie. Ia punya prinsip bahwa setiap anak memiliki karakter dan sifat yang berbeda-beda.

"Saat kita mengikuti satu seminar nih misal soal parenting. Wah, keren nih semninarnya. Lalu ketika aku terapin ke anakku nggak berhasil tapi pas psikolog atau narsumnya bilang mereka berhasil aja tuh. Ternyata nggak bisa gitu nilainya," kata Novita Angie di tengah acara diskusi 'Tantangan Ibu Baru Sekaligus Sambut Big Baby Fair' yang diadakan Lazada di Lalla Restaurant Hotel Four Seasons, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Ketika baca buku atau mengikuti seminar soal mendidik anak, parenting dan sebagainya menurut Novita Angie, harus ada cara atau polanya sendiri. Karena saat cara tersebut nggak berhasil diterapkan pada si kecil, bukan berarti ada yang salah sama anak kita.




"Jadi aku berkesimpulan, bahwa tiap anak itu unik. Kita tuh, kalau aku bilangnya, harus bisa jadi 'bartender' untuk anak-anak kita," tutur ibu dua anak ini.

Wanita yang akrab disapa Angie ini pola asuh yang diterapkan ke satu anak dan anak lainnya bisa aja berbeda karena merupakan gabungan dari berbagai referensi yang didapat. Intinya, kata Novita Angie kita sebagai ibu harus pintar meracik sendiri pola asuh apa yang pas untuk anak.

Referensi parenting style Novita Angie sendiri dari mana-mana lho, Bun, termasuk dari orang tuanya. Jadi poin utamanya adalah lebih gimana kita pintar-pintarnya 'meramu' pola asuh apa yang cocok untuk anak.

"Boleh aja dari mana-mana sumbernya. Aku juga kadang suka ngobrol sama Mona Ratuliy. Oh dan satu lagi, kadang aku suka dapat benefit dari kerjaan aku sebagai MC, presenter atau moderator," kata Novita Angie.

Apalagi saat Novita Angie membawakan acara atau diskusi soal parenting, ilmunya pun jadi ikut ia bawa pulang dan akhirnya itu juga jadi salah satu sumbe referensi parenting style-nya. Diakui Novita Angie, mengasuh anak di era sekarang memang susah-susah gampang.

Gampangnya karena informasi sekarang sudah dapat diakses oleh siapapun di manapun, termasuk sama anak-anak. Karena itu, Novita Angie dan sang suami menerapkan ingin menjadi orang tua yang terbuka supaya anak-anak mereka bisa bertanya atau curhat ke ayah atau bundanya.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi