parenting

Cara Kim Kardashian Dapatkan Tips Seputar Pola Asuh Anak

Asri Ediyati Jumat, 19 Apr 2019 16:00 WIB
Cara Kim Kardashian Dapatkan Tips Seputar Pola Asuh Anak
Jakarta - Tiap ibu memiliki pola asuh yang berbeda. Kebanyakan ibu mengadaptasi pola asuh mereka dari keluarganya, karena merupakan lingkungan terdekat. Dalam video Vogue '73 Questions with Kim Kardashian', Kim berbagi cara untuk mendapatkan tips dan informasi pola asuh anaknya.

Kim Kardashian membuat grup chat khusus dengan saudara-saudaranya yang sudah punya anak.

"Saya bilang kamu harus improvisasi dengannya (pola asuh). Para saudara dan saya tergabung dalam grup chat, selalu mendapat nasihat seputar pengasuhan dari situ," ujarnya.


Namun, Kim tidak memasukkan Kanye dalam grup tersebut, entah apa alasannya. Kim sendiri memang lahir dari ibu yang selalu menjunjung tinggi nilai kekeluargaan. Jadi enggak heran kalau Kim selalu 'lari' ke keluarganya bila ada masalah pada anak.


Dalam wawancara tersebut, Kim Kardashian mengungkapkan, pelajaran penting yang didapat orang tuanya saat membina rumah tangga yakni bahwa keluarga adalah segalanya.

Bicara tentang anaknya, Kim bilang ia ingin anaknya tumbuh menjadi pribadi yang baik dan memperlakukan orang lain dengan setara. Dari anak-anaknya pula, Kim belajar tentang bagaimana cara menjadi ibu super sabar dan hal-hal yang penting di dalam kehidupan.

Sementara itu, Kim dan Kanye kini menunggu anak keempatnya, seorang bayi laki-laki lewat ibu pengganti. Kim bilang, anak keduanya sangat bersemangat dan tak sabar adiknya lahir.

Cara Kim Kardashian Dapatkan Tips Seputar Pola Asuh AnakFoto: Dok. Screenshot YouTube/Vogue
"Siapa yang bersemangat untuk bayi nomor empat? Saint! North juga. Karena Saint akan punya teman main. Saint juga ingin menamai adiknya Sainty II," kata Kim Kardashian.

Untuk bayi keempat, Kim dan Kanye belum mempersiapkan apa-apa termasuk kamar bayi. Semoga anak keempatnya lahir dengan sehat ya.

Kembali soal berbagi informasi seputar pola asuh, Bun. Pola asuh untuk anak yang diterapkan masing-masing orang tua memang berbeda dan disesuaikan sama nilai di keluarga. Tapi, buat Bunda terlebih yang masih orang tua baru, pernah nggak sih timbul pertanyaan di benak, 'Pola asuh kayak gimana sih yang tepat untuk anakku?'


Memang sih, Bun. Kalau ngomong soal pola asuh yang tepat buat anak, ini enggak ada 'resep' pastinya kayak apa, demikian disampaikan psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo M.Psi., Psikolog atau akrab disapa Anas. Ibaratnya, enggak ada formula kalau kita begini begini sama anak, jadinya begitu, kata Anas.

"Tapi, pola asuh yang ideal adalah yang sensitif dan responsif. Kita perlu sensitif sama kebutuhan anak nih. Misalnya untuk anak 0-18 bulan, mereka lagi membentuk kepercayaan sama lingkungan. Misalnya dia nangis, langsung kita respons, berarti kan ada yang memperhatikan," kata Anas, waktu ngobrol bareng HaiBunda.

Dalam bertindak sensitif akan kebutuhan anak, kayak pas makan atau mandi, kata Anas kita juga perlu lho memasukkan unsur kehangatan dan kasih sayang. Terus, pola asuh yang ideal yaitu juga yang responsif. Jadi, kalau anak nangis jangan dibiarkan lama-lama, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi