parenting

Infeksi Sinus Preauricular Bikin Telinga Anak Anji Bengkak

Niken Widya Yunita & Niken Widya Yunita Rabu, 08 Aug 2018 18:24 WIB
Infeksi Sinus Preauricular Bikin Telinga Anak Anji Bengkak
Jakarta - Pernah melihat lubang kecil di dekat telinga, Bun? Itu namanya sinus preauricular. Hanya sedikit orang yang memilikinya, salah satunya putra penyanyi Anji, Saga Omar Nagata.

Beberapa waktu lalu di Instagram-nya, Anji memperlihatkan foto lubang kecil di tulang rawan telinga anaknya. Kata Anji, jika terinfeksi, lubang ini bisa bengkak dan bernanah. Nah, Saga Omar Nagata memiliki sinus preauricular di kedua telinganya.

Situs rarediseases.info.nih.gov menuturkan sinus preauricular memang bisa terjadi di satu sisi telinga saja, kondisi ini disebut unilateral. Namun bisa juga terjadi di kedua sisi telinga, disebut sebagai bilateral.


Anak yang memiliki sinus preauricular sebenarnya nggak akan mengalami apapun, kecuali jika mengalami infeksi. dr Reisa Broto Asmoro menyatakan ada faktor genetik terkait sinus preauricular.



"Penyebabnya karena genetik, dari lahir udah ada kelainan genetik, jadi jaringan tubuhnya harusnya nutup salurannya, ini nggak nutup," ujar dr Reisa usai launching kampanye #Apajeniskulitbayimu oleh Mustela Indonesia di Harlequin Bistro, Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (8/8/2018).

Ya, sinus preauricular dapat terjadi secara sporadis selama perkembangan embrio atau mungkin diwariskan secara autosomal dominan. Dalam kasus yang jarang, sinus preauricular merupakan kondisi atas sindrom lain.



Saat terjadi infeksi, maka telinga akan merah, bengkak, nyeri, dan bisa keluar cairan. Terkait kondisi Saga, Anji menuturkan lubang kecil tulang rawan telinga Saga kemasukan sesuatu yang kotor, sehingga infeksi dan bengkak. Saga sampai kesakitan banget akibat infeksi ini, bahkan dirinya sampai nggak masuk sekolah.

Biasanya dokter akan memberi antibiotik untuk mengatasi infeksi di sinus preauricular. Dalam beberapa kasus, ada juga pembedahan untuk mengangkat sinus. Namun operasi ini tentunya harus konsultasi dulu dengan dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan. (nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi