parenting

Wah, Games Ini Bisa Bantu agar Anak Mau Makan Sayur Lho

Asri Ediyati Sabtu, 11 Aug 2018 09:02 WIB
Wah, Games Ini Bisa Bantu agar Anak Mau Makan Sayur Lho
Jakarta - Beberapa orang tua kesulitan untuk mengenalkan anaknya sayur. Berbagai cara kadang nggak berhasil. Nah, beberapa waktu lalu para peneliti di Aston, Loughborough dan De Montfort Universities menciptakan aplikasi permainan yang membantu orang tua menangani masalah makan sayur lho.

Tenang, kita bukan mengajak anak lebih sering main gadget karena lebih tepatnya kita memanfaatkan gadget sebagai sarana belajar. Aplikasi yang diberi nama 'Vegetable Maths Masters' ini bisa membuat sayuran lebih menarik secara psikologis bagi anak-anak. Dalam membuat aplikasi permainan ini, para peneliti juga mengembangkan program baru dengan British Psychological Society.

Aplikasi permainan ini ditujukan untuk anak-anak usia 3 sampau 7 tahun agar bisa mengenal sayuran melalui permainan. Saat bermain, anak-anak bisa memilih karakter lalu memberi mereka makan sepuluh sayuran di sepanjang permainan. Karakter tersebut senang dan bersemangat. Lebih lucu lagu, saat karakter tersebut makan sayur dia akan memberi feedback positif secara verbal. Selain itu, anak-anak juga mendapatkan bintang saat mereka menyelesaikan masalah.


Menurut para ahli, hal ini memperkuat reaksi positif tentang sayuran di otak anak sehingga membuat anak-anak lebih rela mengonsumsi sayuran selama waktu makan. Pada akhirnya, permainan ini membantu anak-anak untuk bisa makan sayur dan buah.

Wah, Games Ini Bisa Bantu agar Anak Mau Makan Sayur LhoWah, Games Ini Bisa Bantu agar Anak Mau Makan Sayur Lho/ Foto: Vegetable Maths Masters




"Kami telah mengembangkan sebuah aplikasi yang mengacu pada penelitian psikologis untuk mengintegrasikan berbagai metode yang dikenal untuk meningkatkan minat pada sayuran dan keinginan untuk mencobanya. Paparan gambar sayuran secara berulang serta hadiah untuk bermain bisa membuat anak-anak mau makan sayur," kata Dr Claire Farrow dari Aston University dilansir Daily Mail.

Disebutkan, norma sosial turut memengaruhi preferensi makanan. Makanya, dalam permainannya ini jika si karakter suka dan menikmati makan sayuran, anak-anak lebih mungkin untuk mencoba sayuran. Selain membuat anak tertarik makan sayur, dengan permainan ini anak juga bisa belajar matematika.

Dilansir The British Psychological Society, kata Claire, ia dan timnya akan melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi efektivitas aplikasi permainan tersebut. Evaluasi awalnya sangat baik dan hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak yang bermain game akan mencicipi sayuran yang mereka mainkan dibandingkan anak yang nggak main games tersebut.

Walaupun tetap ya, Bun, orang tua perlu membiasakan dan memberi contoh hobi makan sayur supaya si kecil mau makan sayur. Gimana, Bunda tertarik menjadikan permainan ini sebagai alat bantu agar anak mau makan sayur?

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi