parenting

Pertimbangan Penting Sebelum Daftarkan Anak Les Tambahan

Annisa Karnesyia Selasa, 30 Apr 2019 17:00 WIB
Pertimbangan Penting Sebelum Daftarkan Anak Les Tambahan
Jakarta - Banyak pertimbangan orang tua mendaftarkan anak untuk ikut les tambahan . Salah satunya, untuk meningkatkan nilai akademik anak, persiapan ujian, atau hanya sekedar ikut-ikutan.

Padahal tujuan mendaftarkan anak les itu enggak boleh sembarangan, Bun. Sebagai orang tua kita harus mengerti dulu apa itu pendidikan yang baik untuk anak.

"Tujuan pendidikan itu kan untuk menemukan potensi dan minat anak, kemudian menjadikan dirinya the best person of himself," kata Najelaa Shihab, pendidik, psikolog, dan inisiator Kampus Guru Cikal, dalam acara 'Media Gathering Kerja Bareng Untuk Pendidikan' di GoWork, Fx Sudirman, Jakarta Pusat, baru-baru ini.


Menurut wanita yang akrab disapa Ela ini, orang tua tidak boleh menyamakan potensi satu anak dengan anak lainnya. Anak terlahir dengan kemampuan berbeda sehingga menjadi tugas orang tua untuk mengenali bakat anaknya.

"Kenali kebutuhan anak. Misalnya anak minat di science, berikan dia ruang atau daftarkan di klub science. Atau sekolahnya fokus di pendidikan agama sehingga pengembangan olahraganya kurang. Nah, di luar sekolah orang tua bisa daftarkan kursus olahraga," ujar Ela.

Pertimbangan Penting Sebelum Daftarkan Anak Les TambahanFoto: istock


Orang tua juga harus memahami bahwa proses pendidikan itu sebenarnya untuk menambahkan potensi anak secara utuh. Tapi masalahnya seringkali orang tua tidak mengerti, Bun.

"Seringkali orang tua mendaftarkan anak karena kepanikan mau ujian atau ikut-ikut tetangga. Akhirnya anak jadi terpaksa ikut kursus dan orang tua seperti menghabiskan biaya tanpa hasil," tuturnya.

Untuk menumbuhkan potensi anak melalui kursus atau les tambahan, kuncinya adalah menjawab kebutuhan anak, Bun. Bila ini sudah dipahami orang tua, kursus atau les tambahan yang diikuti anak akan berjalan sesuai dengan kemampuan dan pengembangan potensi anak.

"Pertama, orang tua harus tanyakan pada dirinya sendiri tentang tujuan mendaftarkan anak les , setelah itu lihat kebutuhannya. Jangan lupa juga melihat program pendidikan yang sudah diikuti anak, kira-kira perlu ditambah atau tidak untuk mengembangkan potensi anak," tutup Ela.


[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi