parenting

Penjelasan Dokter tentang Benjolan di Kepala Bayi

Niken Widya Yunita Kamis, 16 Aug 2018 17:31 WIB
Penjelasan Dokter tentang Benjolan di Kepala Bayi
Jakarta - Pernah nggak, Bun, meraba bagian belakang kepala bayi dan menemukan benjolan kecil? Kadang benjolan ini ada di kepala belakang bagian bawah, ada juga yang di dekat telinga. Benjolan apa itu ya?

Penjelasan dari dokter tentang benjolan di kepala bayi ini semoga menghilangkan kekhawatiran Bunda ya. Sebab benjolan di belakang telinga atau kepala pada bayi dan balita kemungkinan besar adalah kelenjar getah bening yang sedang aktif.

"Benjolan itu kayak kelenjar getah bening yang ada pada anak di bawah umur 6 tahun normal," tutur dr Margareta Komalasari, SpA, usai diskusi 'Pentingnya 1.000 Hari Pertama Anak: Yuk, Pantau Tumbuh-Kembang Si Kecil dengan Teman Bumil' di XXI Club Djakarta Theater, jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (15/8/2018).




Benjolan di kepala bayi dan balita itu jadi semacam respons tubuh terhadap proses di badan. Saat bayi akan tumbuh gigi, ada alergi, atau ada demam biasanya ukuran benjolan sedikit membesar.

Menurut dr Margareta, benjolan di kepala bayi itu normal asal ukurannya tidak membesar secara berkala atau dalam waktu singkat. Nggak cuma bayi dan balita, pada orang dewasa pun sering kali ditemukan benjolan serupa di belakang kepala atau belakang telinganya.

Hal senada disampaikan dr Meta Hanindita, SpA dari RS Dr Soetomo Surabaya. Dikutip dari detikHealth, kelenjar getah bening memang terdiri dari sel-sel imunitas yang melakukan perlawanan terhadap infeksi atau radang, sehingga bila terjadi infeksi maka kelenjar getah bening cenderung membesar.



Penanganan yang akan dilakukan oleh dokter adalah mengobati masalah atau gangguan pada organ yang memengaruhi kerja kelenjar getah bening yang membengkak tersebut.

Dikutip dari detikhealth, dr Aditya Suryansyah, SpA, mengatakan bila benjolan terletak di bawah kulit, besarnya seperti kacang hijau, dipegang tidak sakit dan tidak melekat pada dasar alias bila dipegang bergerak, kemungkinan hanya pembesaran kelenjar getah bening karena ada infeksi. Tapi bila benjolan cepat membesar maka sebaiknya dibawa ke dokter, sebab bisa jadi benjolan tersebut bukanlah hal normal.

(nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi