parenting

Si Kecil Jago Wushu Seperti Lindswell Kwok? Ini 5 Manfaatnya

Nurvita Indarini Senin, 20 Aug 2018 16:57 WIB
Si Kecil Jago Wushu Seperti Lindswell Kwok? Ini 5 Manfaatnya
Jakarta - Lindswell Kwok mempersembahkan emas untuk Indonesia di Asian Games 2018. Nah, apakah si kecil juga menekuni wushu atau seni bela diri lainnya Bun? Jika iya, ada sederet manfaat yang bisa didapat si kecil lho.

Simak bersama yuk, Bun, aneka manfaat yang bisa didapat anak dengan menggeluti wushu seperti dilakukan Lindswell Kwok.

1. Menguasai Pertahanan Diri


Dengan menguasai wushu dan seni bela diri yang lain, akan menguasai teknik mempertahankan diri. Ya, kebanyakan seni bela diri menggunakan pertahanan diri sebagai landasan program kegiatannya.

Dengan latihan teratur, anak akan belajar bagaimana cara membela diri yang baik menggunakan berbagai cara yang berbeda. Bahkan, Bun, banyak sekolah seni bela diri juga mengajarkan trik cerdas untuk mempertahankan diri dalam menghindari masalah. Demikian dikutip dari Parenting.



2. Memiliki Disiplin Diri

Dalam seni bela diri seperti wushu biasanya ditanamkan disiplin diri pada mereka yang mempelajarinya, sehubungan dengan seragam, kultur, dan tekniknya. Hal-hal semacam ini bisa diterjemahkan dalam bidang kehidupan lainnya.

Ya, ketika anak berada di sekolah, di lingkungan rumah, dan sebagainya akan terbawa dalam kebiasaan menerapkan disiplin diri. Sehingga anak nggak akan membawa 'aturan sendiri'.

3. Punya Rasa Menghormati

Bahasa tubuh menghormati orang lain, meski itu pihak lawan, selalu diterapkan dalam seni bela diri seperti wushu. Anak-anak belajar dan dibiasakan membungkuk kepada para guru yang datang sebelum mereka, juga kepada instrukturnya.

Anak-anak juga belajar memperlakukan siswa lain sebagaimana mereka ingin diperlakukan. Instruktur seni bela diri yang berkualitas juga mendorong anak-anak untuk nggak cuma menghormati guru, orang tua, dan orang lain, tapi juga diri sendiri.

4. Punya Percaya Diri

Seorang anak yang belajar seni bela diri umumnya adalah anak yang percaya diri. Dalam seni bela diri, seperti wushu, ada sistem peringkat sabuk yang memberikan anak tujuan yang dapat diukur dan realistis.

Tentu anak ingin warna sabuknya berubah sebagai lambang peningkatan kemampuan. Artinya anak harus belajar teknik yang baru. Nah, saat berganti warna sabuk baru, ini merupakan pencapaian yang nggak mudah yang didapat dengan upaya sendiri. Tentunya hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri anak.

5. Melatih Kekuatan

Wushu merupakan olah fisik yang memiliki manfaat membangun kekuatan otot anak-anak saat berlatih dengan benar. Karena melibatkan berbagai anggota tubuh seperti bahu, lengan, punggung, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dada, dan pinggul, maka anak akan mengembangkan fleksibilitas anggota badannya.

Nggak cuma itu, Bun, koordinasi berbagai anggota tubuh juga akan lebih baik saat mereka belajar wushu secara teratur. Demikian dikutip dari dfxmartialarts. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi