parenting

5 Manfaat Main Basket untuk Anak

Amelia Sewaka Rabu, 22 Aug 2018 19:30 WIB
5 Manfaat Main Basket untuk Anak
Jakarta - Bulan ini merupakan ajang pestanya olahraga. Bagaimana tidak, Indonesia jadi tuan rumah ajang bergengsi Asian Games 2018. Melihat begitu banyak cabang olahraga yang dilombakan, rasanya kita pun ingin mengikutkan anak dalam kegiatan olahraga. Nah, gimana jika anak kita ajak main basket di komplek atau sekitar rumah, Bun?

Nggak cuma sehat, saat main basket anak juga bisa jadi lebih kompak dan bersenang-senang dengan teman-temannya lho. Seperti dirangkum HaiBunda dari berbagai sumber ini dia 5 manfaat yang didapat anak saat main basket. Yuk, simak bersama, Bun.

1. Latihan Fisik dan Daya Tahan

Olahraga beregu ini melibatkan banyak sekali gerakan. Dari mulai berlari, melompat, menggiring dan menembak bola ke ring. Untuk Bunda yang bermasalah dengan kemalasan anak atau isu berat badan, main basket cocok jadi olahraga si kecil. Karena gerakan berkelanjutan dalam olahraga membantu membakar kalori dan menurunkan lemak.


Bola basket juga merupakan olahraga yang membutuhkan daya tahan yang luar biasa, di mana semua anggota tubuh dilatih dan penting untuk anak belajar berusaha melewati limit hingga akhir permainan tanpa menyerah. Karena main basket menuntut banyak gerak, jantung anak juga sehat dan basket bisa jadi latihan yang menyenangkan buat anak.

2. Melatih Keseimbangan, Kelincahan, dan Koordinasi Tangan Serta Mata

5 Manfaat Main Basket untuk AnakFoto: ilustrasi/thinkstock

Kebanyakan olahraga memang memerlukan kordinasi, termasuk saat bermain basket yang membutuhkan kordinasi mata dan tangan. Ketika anak mendribble bola, mereka harus bisa mengatur koordinasi tangan dan mata dengan fokus sementara mereka juga harus memikirkan kapan waktu yang tepat untuk mem-passing bola ke teman atau menembak bola ke ring.

Olahraga ini melibatkan banyak gerakan cepat dan ketelitian dalam menggunakan anggota tubuh. Ini juga akan membantu memperbaiki struktur tubuh anak seperti mengencangkan tubuh, membangun otot di area lengan, paha dan betis.

Karena olahraga ini merupakan permainan yang serba cepat, maka dalam bermain basket anak dituntut bereaksi cepat. Anak harus cepat berdiri ketika jatuh karena saat di lapangan akan selalu terjadi one on one anak dengan pemain lain. Karena itu mereka harus lincah dan cepat beradaptasi dengan berbagai perubahan di lapangan.

3. Membantu Meninggikan Tubuh

5 Manfaat Main Basket untuk AnakFoto: ilustrasi/thinkstock
Bagi Bunda yang ingin si kecil tumbuh tinggi dengan baik, basket bisa jadi pilihan terbaik. Sudah banyak yang bilang bahwa main basket dapat membantu pertumbuhan tinggi anak. Walaupun memang gen alami adalah yang menentukan tinggi seseorang, tapi bermain basket bisa membantu pertumbuhan mereka.

Dengan berbagai frekuensi gerakan tubuh seperti melompat, secara ilmiah olahraga basket terbukti bisa membantu mengoptimalkan tinggi badan anak.


4. Membangun Keterampilan Sosial

5 Manfaat Main Basket untuk AnakFoto: ilustrasi/thinkstock

Basket merupakan olahraga yang luar biasa untuk belajar berinteraksi dan bekerja sama dalam tim. Seperti semua olahraga tim, sangat mudah untuk membentuk hubungan dan ini adalah cara yang bagus untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial mereka. Karena dalam olahraga tim anak akan membuat rencana dan taktik untuk menang, bekerja sama di lapangan, saling menyemangati dan berinteraksi dengan tim lain dan pelatih.

5. Disiplin dan Berstrategi

Sama seperti setiap olahraga lainnya, bola basket memiliki sejumlah aturan untuk diikuti. Dan jika tidak diikuti itu akan menghasilkan hukuman. Dengan begini anak bisa menghargai pentingnya mengikuti aturan dan mengembangkan semangat kompetitif saat main basket.

Bermain basket juga menuntut strategi untuk mencetak skor dan menang. Teknik dribble dan passing serta menembak bola yang benar bisa mengasah keterampilan anak. Dengan main basket, anak-anak akan belajar bagaimana bersikap strategis, mengasah keterampilan berpikir dan kemampuan memecahkan masalah.

Meningkatkan akurasi dan presisi menembak bola ke ring juga membutuhkan konsentrasi yang sangat besar. Itu semua bisa dicapai dengan rutin berlatih. Tuh, banyak kan manfaat main basket untuk anak, Bun? Jadi kapan Bunda dan Ayah mau mengajak si kecil main basket?

(rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi