sign up SIGN UP search


parenting

Pertimbangan Intan Nuraini dalam Memilih Sekolah Anak

Amelia Sewaka Kamis, 23 Aug 2018 11:23 WIB
Dalam memilih sekolah untuk sang anak, Intan Nuraini punya pertimbangan tertentu. Apa tuh? caption
Jakarta - Meski anaknya masih kecil, Intan Nuraini sudah punya pertimbangan untuk mempersiapkan sekolah si kecil. Dalam memilih sekolah, apa sih yang jadi pertimbangan Intan?

Intan Nuraini bercerita untuk pendidikan anak, dirinya memang biasa milih sekolah yang utamanya ada dasar agama. Bunda sependapat dengan Bunda Intan?

"Aku nggak hanya milih bagus di akademis aja tapi dari segi agama juga harus bagus," tutur Intan Nuraini di tengah acara 'Dancow Inspiring Mom Kembali Hadir Bantu Dukung Masa Depak Anak Indonesia yang Lebih Sehat' di Almond Zucchini, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.


Namun, sampai saat ini Intan belum kepikiran tentang cita-cita anaknya. Hal terpenting, kata Intan Nuraini begitu si kecil masuk TK atau play group, yang utama di sekolah tersebut ada dasar pendidikan agamanya.


Kadang kita memang suka bingung ya mencari sekolah buat anak. Ya, saat mencari sekolah kita para orang tua perlu mempertimbangkan beberapa hal dan bukan hanya 'nama' sekolahnya aja. Tapi selain itu juga harus disesuaikan dengan budget ya, Bun. He-he-he. Memang, sebaiknya mencari sekolah nggak hanya tentang akademisnya tapi juga sekolah yang juga fokus pada kurikulum ekstra agar seimbang.

Kata pakar dan praktisi pendidikan anak, Arif Rachma,n ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih sekolah TK dan SD yang baik untuk anak. Yang terpenting, dalam sekolah tersebut terdapat sentral bermain anak untuk mengembangkan 5 hal penting yaitu spiritual, emosional, jasmani, intelektual, dan sosialnya, yang dikemas dalam kegiatan belajar mengajarnya.

Dalam memilih sekolah sebaiknya pilihlah sekolah yang tertib, teratur dan bersih, karena lingkungan sekitar sekolah juga mempengaruhi proses belajar mengajar anak-anak. Tahu nggak, Bun, lingkungan yang tidak kondusif bisa merusak konsentrasi anak ketika belajar lho. Serta pastikan sekolah tersebut punya visi dan misi yang tidak melanggar Undang-undang Pendidikan ya.

"Untuk guru TK sebaiknya telah mendapatkan pendidikan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sedangkan untuk sekolah dasar sebaiknya memiliki pendidikan minimal S1 dan untuk guru kelas 1, 2, dan 3 yang mengajar semua mata pelajaran sebaiknya juga mendapatkan pendidikan PAUD," ujar Arif dikutip dari detikHealth.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi