aktivitas

Usia Masih Balita Tapi Kok Anak Ingin Banget Sekolah?

Radian Nyi Sukmasari Senin, 16 Jul 2018 - 07.05 WIB
Usia Masih Balita Tapi Kok Anak Ingin Banget Sekolah?/ Foto: Facebook Annisa Citra Usia Masih Balita Tapi Kok Anak Ingin Banget Sekolah?/ Foto: Facebook Annisa Citra
Jakarta - Usia anak memang masih balita alias di bawah lima tahun. Tapi, dia semangat banget nih sekolah bahkan minta disekolahkan terus sama orang tuanya.

Hal ini dialami sahabat HaiBunda, Nana. Ibu tiga anak ini bercerita anak bungsunya yang berumur 3,5 tahun semangat banget minta disekolahkan. Nana berpikir mungkin si bungsu ingin sekolah karena tiap hari melihat kedua kakaknya sekolah.

"Akhirnya saya daftarin dia ke play group. Pas coba seragam, itu seragam nggak mau dilepas. Dipakai sampai sore. Bahkan pas saya ajak pulang dari ambil seragam di sekolah dia nggak mau. Katanya sekolahnya belum lama," kata Nana.

Bunda punya pengalaman serupa dengan Bunda Nana? Kadang bingung nggak sih, Bun, kok anak semangat banget sih minta disekolahkan. Apa dia memang bakal rajin sekolah? Menanggapi hal ini, psikolog anak dan remaja dari RaQQi Human Development and Learning Centre Ratih Zulhaqqi bilang saat anak 3,5 tahun minta sekolah itu tanda dia butuh bersosialisasi.

"Anak pengen sekolah berarti dia perlu pertemanan, perlu orang lain. Nah orang tua bisa memfasilitasi kebutuhan ini dengan mengikutkan anak ke komunitas atau play group oke juga biar anak dapat pengalaman sosialisasi kayak gimana," kata Ratih waktu ngobrol sama HaiBunda.

Soal memasukkan anak 3,5 tahun ke play group Ratih bilang nggak masalah, Bun, karena waktu kegiatannya nggak terlalu lama. Tapi apa iya semangat ke sekolah tanda balita senang karena merasa dirinya sudah besar?

"Nggak, itu kebutuhan untuk sosialisasinya menang udah muncul di umur 3 tahunan. Itu termasuk tugas perkembangan dan ini bagus. Anak 3 tahun udah mulai berteman bagus lho karena memang di usia ini dia perlu menjnjukkan minat dalam bersosialisasi," kata Ratih. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi