parenting

Cara Mudah Kenali Benjolan Tumor Jinak dan Kanker pada Anak

Asri Ediyati Senin, 17 Sep 2018 16:56 WIB
Cara Mudah Kenali Benjolan Tumor Jinak dan Kanker pada Anak
Jakarta - Terkadang orang tua nggak selalu aware dengan benjolan yang ada di tubuh anak. Begitu tahu ada benjolan di tubuh anak, paniknya bukan main karena pasti terbesit kanker dalam pikiran.

Memang panik adalah hal yang wajar, namun jangan berlebihan, Bun. Sebagai orang tua cerdas, kita perlu tahu nih cara mudah mengenal benjolan pada tubuh anak, apakah itu tumor jinak atau ganas.

Menurut dr Edi Setiawan Tehuteru, SpA(K), MHA dari Rumah Sakit Kanker Dharmais, benjolan pada tubuh anak belum tentu gejala kanker. Kita perlu tahu benjolan yang nggak berbahaya dan berbahaya dari bentuk fisiknya terlebih dulu.


"Ibu-ibu harus tahu bedanya tumor jinak atau ganas alias kanker, karena tahi lalat, jerawat itu tumor tapi jinak. Kalau tumor yang ganas dan cepat tumbuh itu baru disebut kanker," kata dr Edi dalam Live Chat Instagram dan Facebook HaiBunda, Senin (17/9/2018).

Cara Mudah Kenali Benjolan Tumor Jinak dan Kanker pada AnakCara Mudah Kenali Benjolan Tumor Jinak dan Kanker pada Anak/ Foto: thinkstock


Bunda pernah dengar sebutan cystic atau kista? Kata dr Edi, cystic atau kista itu tumor yang jinak dan nggak menyebar. Posisinya ya di situ-situ saja. Cystic bisa berisi cairan atau darah.

"Jika kita meraba ada benjolan di tubuh anak dan dipencet nggak sakit, coba ditinjau lagi besoknya. Jika ukurannya membesar misalnya dari sebesar biji kacang hijau berubah sebesar biji kacang merah. Sebaiknya segera bawa ke dokter untuk konfirmasi," ujar dr Edi.

dr Edi bilang, kalau orang tua ingin tahu apakah benjolan tersebut berbahaya, segera observasi dengan dokter. Namun, jika kondisinya mendesak karena amat khawatir, anak bisa menjalani prosedur biopsi. Setelah dilakukan biopsi, benjolan tadi akan diobservasi lebih detail di laboratorium.

Beberapa sahabat HaiBunda sempat bertanya, apakah benjolan di leher dan telinga anak itu merupakan gejala kanker? Soal ini dr Edi menjawab, jika ada benjolan di leher, ketahui dulu apakah benjolan tersebut sakit jika diraba atau nggak. Kemudian, apakah benjolan tersebut membesar atau nggak. Nah, kalau benjolan di telinga itu pastikan dulu apakah memang benar-benar benjolan atau tulang mastoid.

Selain itu, para bunda juga perlu tahu kanker pada anak itu banyak jenisnya. Kanker pada anak dibagi menjadi dua kelompok besar yakni cair dan padat.

Kelompok cair itu leukemia atau kanker darah. Kalau jenis yang padat berkaitan dengan semua organ di dalam tubuh.

"Segera konfirmasi ke dokter jika ada gejala yang tadi disebutkan. Syukur kalau itu bukan kanker, tapi bersyukur juga kalau itu kanker karena dapat ditemukan lebih awal jadi peluang untuk sembuhnya besar," ucap dr Edi.

(aci/nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi