parenting

7 Ras Anjing yang Cocok Jadi Hewan Peliharaan Anak

Amelia Sewaka Sabtu, 29 Sep 2018 15:02 WIB
7 Ras Anjing yang Cocok Jadi Hewan Peliharaan Anak
Jakarta - Anak meminta anjing sebagai hewan peliharaan di rumah? Eits, jangan asal pilih jenis anjing ya Bunda. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memilih jenis anjing yang bagus untuk si kecil.

Harus seperti itukah? Ya, karena ada pemahaman bahwa anak lebih baik dengan anjing kecil bila dilihat dari segi ukuran. Namun sebenarnya, menurut Cesar Millan yang merupakan seorang dog behaviorist dari Meksiko-Amerika, anjing kecil bisa jadi pilihan yang buruk karena anak-anak akan melihatnya sebagai mainan dan kadang cedera bisa terjadi.

"Sedangkan anjing besar sama-sama punya risiko. Karena mereka besar dan tanpa pelatihan yang cermat sulit bagi anjing untuk bersikap lembut ke anak-anak," kata Cesar.


Cesar berpesan sesuaikan tingkat energi anjing dengan anak dan keluarga kita. Itu malah lebih penting dari mempertimbangkan rasnya. Nah, Cesar yang sudah menjadi expert anjing selama 25 tahun dan terkenal dari acaranya 'Dog Whisperer' memberi rekomendasi ras anjing yang oke untuk buah hati seperti dilansir Cesar's Way.


1. Beagle
7 Ras Anjing yang Cocok Jadi Hewan Peliharaan AnakFoto: Istock
Bunda punya anak yang aktif? Beagle bisa jadi ras anjing yang cocok jadi hewan peliharaan si kecil. Anjing yang cerdas dan ramah ini terkenal suka bertualang. Nah, karena perlu banyak latihan anjing ini cocok dengan anak yang aktif. Anjing ini suka bermain dan cukup kuat, jadi tak perlu khawatir anak akan menyakiti anjing beagle.

2. Boxer

Anjing jenis ini sangat energik, suka bermain, penuh kasih sayang dan mencintai anak-anak. Pastikan anjing jenis ini banyak dilatih. Soalnya jika terlalu banyak memendam energi anjing boxer cenderung banyak menggonggong, menggali dan terlalu aktif.

3. Bulldog

Secara fisik, jenis anjing bulldog sekilas terlihat seram tapi sebenarnya tenang, lembut dan bersahabat dengan anak-anak. Karena tubuhnya yang kecil, anjing ini mudah berinteraksi dengan anak-anak. Bonusnya, karena anjing ini kuat, bulldog adalah penjaga yang hebat untuk anak-anak karena dapat melindungi mereka dari bahaya.

4. Cocker Spaniel
7 Ras Anjing yang Cocok Jadi Hewan Peliharaan AnakFoto: Istock
Ras anjing yang cocok jadi hewan peliharaan anak lainnya adalah cocker spaniel. Jenis anjing yang cantik ini dikenal dengan ceria dan selalu menyenangkan majikannya. Anjing cocker spaniel senang meringkuk di sofa tapi juga tak keberatan untuk berlarian bersama anak-anak. Satu yang perlu diperhatikan, anjing ini mudah berekasi ketika digoda, karena itu kita juga perlu mengedukasi si kecil dalam menjaga anjingnya.


5. Golden Retriever
7 Ras Anjing yang Cocok Jadi Hewan Peliharaan AnakFoto: Istock
Anjing jenis ini dikenal karena kesabarannya. Golden Retriever termasuk ras anjing yang cocok jadi hewan peliharaan anak karena sifatnya yang setia, baik, dan cerdas. Sehingga mereka berinteraksi dengan baik dengan anak-anak yang sedang tumbuh.

6. Pit Bull

Dalam beberapa kasus, memang kebanyakan anjing jenis ini terkenal suka menyerang. Namun sebenarnya, pit bull sangat hebat jika bersama anak-anak selama kita orang dewasa melakukan pelatihan yang benar dan mengedukasi si anjing seawal mungkin. Anjing pit bull pintar, sangat terlatih dan suka menyenangkan orang. Selain itu, pit bull ceria, energik, dan anjing pelindung yang solid.

7. Medium poodle
7 Ras Anjing yang Cocok Jadi Hewan Peliharaan AnakFoto: Istock
Anjing jenis ini cerdas, lembut, sabar, setia, dan peduli. Poodle senang bermain dengan anak-anak walaupun mereka tidak terlalu energik. Jadi nggak perlu khawatir si kecil kelelahan kan.

Punya hewan peliharaan memang bukan hal yang mudah, tapi dengan punya hewan peliharaan, anak belajar bertanggung jawab dan punya banyak manfaat lain yang bisa dirasa. Dilansir detikcom, penelitian selama lebih dari 20 tahun menemukan orang yang tidak memiliki peliharaan kucing 40 persen lebih mungkin meninggal karena serangan jantung daripada mereka yang memiliki kucing. Studi lain menunjukkan pemilik anjing punya tingkat kelangsungan hidup lebih baik satu tahun setelah serangan jantung secara signifikan.

Secara keseluruhan, pemilik hewan peliharaan memiliki risiko kematian lebih rendah akibat penyakit jantung, termasuk gagal jantung. Membelai kucing atau anjing juga memiliki efek menenangkan lho. Merawat, berjalan-jalan, bermain dengan hewan peliharaan disebut jadi cara menghabiskan waktu yang baik dan menyenangkan.

(aml/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi