parenting

Jangan Lupa Sempatkan Quality Time Bareng Keluarga Ya, Bun

Radian Nyi Sukmasari Senin, 01 Oct 2018 18:34 WIB
Jangan Lupa Sempatkan Quality Time Bareng Keluarga Ya, Bun
Jakarta - Menentukan aktivitas untuk quality time bareng keluarga kadang susah-susah gamopang ya, Bun. Soalnya nggak jarang Bunda dan Ayah kesusahan mencari tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bareng keluarga. Alhasil, tempat yang didatangi pun itu-itu lagi.

Padahal, banyak penyedia aktivitas keluarga yang punya program bagus. Tapi karena beberapa hal ada yang kewalahan menerima pengunjung dan sebaliknya ada yang susah mendapat pengujung. Seiring majunya teknologi, bukan nggak mungkin Bunda memanfaatkan platform-platform yang ada untuk memudahkan mencari inspirasi tempat yang oke buat quality time bersama keluarga lho.

"Lama berkecimpung di komunitas anak, saya melihat banyak orang tua yang ingin sekali memberi aktivitas terbaik untuk anaknya, tapi butuh bantuan untuk menemukan tempat dan aktivitas yang tepat," kata Analia Tan, Founder & CEO Kiddo dalam keterangan tertulis kepada HaiBunda.


"Kiddo hadir untuk mempersingkat pencarian dan pemesanan aktivitas keluarga, sehingga waktu yang ada bisa lebih banyak digunakan untuk berkumpul bersama keluarga dan anak-anak," tambah Analia.

Suasana Kiddo FestSuasana Kiddofest/ Foto: dok. Kiddo


Sebagai selebrasi lahirnya Kiddo, digelar pula KiddoFest yang diadakan di Neo Soho Mal, Jakarta pada tanggal 29-30 September 2018. Nah, dalam melakukan quality time, durasi sebenarnya nggak terlalu penting karena ada komponen lain yang bisa bikin quality time benar-benar berkualitas yaitu gimana parenting behaviornya. Demikian disampaikan psikolog anak dan keluarga Roslina Verauli yang akrab disapa Vera.

"Parenting behavior adalah perilaku kita saat melakukan pengasuhan pada anak. Nah parenting behaviornya mesti di level playing field yaitu ciptakan suasana yang akrab, hangat, dan komunikasi 2 arah," kata Vera dikutip dari detikcom.

Berkaca dari kondisi saat ini di mana banyak orang tua yang sama-sama bekerja, maka ketika tidak punya banyak waktu, yang penting Bunda dan Ayah bisa memanfaatkan momen kebersamaan dengan anak yang akrab dan hangat. Suasana yang akrab dikatakan Vera bisa tercipta ketika orang tua memposisikan diri sejajar dengan anak.

Suasana KiddofestSuasana Kiddofest/ Foto: dok. Kiddo
Sehingga, saat orang tua bermain dengan anak, anak merasa seperti sedang bersama temannya dan ia bisa terbuka dengan orang tuanya. Lalu, suasana hangat bisa tercipta dengan adanya sentuhan atau ungkapan kasih sayang orang tuanya. Kemudian, jangan lupa lakukan komunikasi dua arah ya, Bun. Dengan begitu, bisa terjadi interaksi pula di antara orang tua dan anak.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi