parenting

Trik Penyanyi Cilik Neona untuk Menghafal Lirik Lagu Rap

SIti Hafadzoh Kamis, 04 Oct 2018 08:06 WIB
Trik Penyanyi Cilik Neona untuk Menghafal Lirik Lagu Rap
Jakarta - Bun, apakah bakat anak sudah mulai terlihat? Kalau ya, coba diarahkan yuk, agar bakat anak berkembang dengan optimal. Jika si anak suka menyanyi, asah lagi kemampuannya. Siapa tahu bisa menjadi penyanyi seperti penyanyi cilik Neona nih, Bun.

Anodya Shula Neona Ayu atau yang lebih dikenal dengan nama Neona ini usianya baru 9 tahun lho. Tapi putri Nola 'Be3' ini sudah bisa menghafal beberapa bait lirik lagu rap dalam bahasa Inggris. Bagaimana sih cara Neona menghafal lirik rap yang terbilang sulit itu?

"Biasanya aku search di Youtube gitu. Terus aku kayak nonton videonya. Terus aku kayak ngikutin-ngikutin. Aku nulis lirik rap dari awal sampai abis," ujar Neona yang merupakan adik penyanyi Naura ini dalam konferensi pers launching lagu terbarunya 'Warbiasyak' di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Rabu (3/10/2018).


Bunda memang perlu mengetahui bakat anak sejak dini supaya tahu ke bidang mana si kecil akan diarahkan. Menurut Ananta Vinnie, rekan kolaborasi Neona yang juga seorang sound music designer, orang tua memang seharusnya mendukung bakat anak. Sehingga ketika anak makin dewasa, dia akan lebih maju dibanding orang-orang yang beru terjun ke bidang tersebut.

Penyanyi cilik NeonaPenyanyi cilik Neona/ Foto: Instagram
"Mungkin pesan juga ya buat orang tua di luar sana. Kalau anaknya ada keseriusan atau bakat menyanyi, nari, dan lain-lain harus dikembangin gitu karena aku sendiri nih kan bakatnya seni dan dari awal itu untungnya orang tua aku udah support juga. Menurut aku semua yang disupport sih bisa jadi sesuatu yang bagus," jelas Vinnie.

Vinnie menilai, yang patut dicontoh dari penyanyi cilik Neona adalah pertama konsistensinya dalam menyanyi. Mengingat lagu 'Warbiasyak' bukan lagu pertama bagi Neona. Kedua, fokus kepada apa yang disukai. Memang, anak-anak seusia Neona mungkin jarang yang bisa fokus pada bakatnya. Tapi Bunda bisa lho mengarahkannya.



Ketika anak menyukai suatu bidang, baik itu akademis, olahraga, kesenian, dan sebagainya, harus selalu Bunda dukung nih. Karena boleh jadi, bakat tersebut akan menuntun kesuksesannya kelak. Seperti yang dikatakan oleh Vinnie tadi, kuncinya adalah konsisten dan fokus, Bun.

Dikutip dari detikHealth, Jovita Maria Ferlina, MPSi, Psikolog dari Little Shine Daycare mengatakan anak wajib mendapatkan berbagai macam stimulus sejak dini untuk mengasah bakat dan minatnya. Jika bakat dan minat tak diasah, anak bisa kehilangan arah hidup hingga tak memiliki tujuan.

"Kalau anak nggak tahu bakatnya apa, dia akan kesulitan menentukan goals dan kebingungan saat beranjak dewasa. Makanya kita lihat ada anak sudah mau lulus SMA tetapi bingung menentukan jurusan dan pilihan kuliah," tutur Jovita.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi