parenting

6 Asupan yang Perlu Dihindari Anak dengan ADHD

Safira Raudhatul Kamis, 25 Oct 2018 09:01 WIB
6 Asupan yang Perlu Dihindari Anak dengan ADHD
Jakarta - Asupan memegang peranan penting untuk tumbuh kembang anak. Namun, bila si kecil didiagnosisi Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), ada beberapa asupan yang mesti dihindari, Bun.

Anak dengan ADHD memiliki perbedaan perkembangan otak dan aktivitas otak yang memengaruhi perhatian, kemampuan untuk duduk diam dan pengendalian dirinya, demikian dikutip dari Kids Health. Kata penulis buku 'Mistaken for ADHD', Frank Barnhill anak dengan ADHD nggak bisa diberi makanan sembarangan.

Dilansir Everyday Health, ada 6 asupan yang perlu dihindari anak dengan ADHD yaitu:


1. Permen dan minuman manis

Howard Peiper, pakar naturopati dan penulis 'The ADD and ADHD Diet!' bilang anak dengan ADHD baiknya nggak mengonsumsi permen karena permen mengandung gula berlebih dan pewarna buatan. Nah, dua kandungan pada permen itu dikhawatirkan bisa bikin anak ADHD makin hiperaktif, Bun.

Minuman manis seperti soda, kafein dan sirup jagung mengandung fruktosa tinggi juga perlu dihindari, Bun. Mengingat kandungan gula pada asupan tersebut cukup tinggi. Frank mengatakan dikhawatirkan konsumsi minum tersebut bikin gejala ADHD anak makin parah dan makin terganggunya konsentrasi mereka.

ilustrasi asupan yang dihindari anak dengan ADHDilustrasi asupan yang dihindari anak dengan ADHD Foto: Getty Images
3. Buah dan sayur beku

"Beberapa makanan beku dapat memperburuk gejala ADHD karena dikemas dengan organofosfat yang digunakan untuk pengendalian serangga. Konsumsi buah dan makanan beku disebut bisa menyebabkan masalah neurologis dan perilaku lainnya," kata Frank.



4 Campuran kue dan frosting

Campuran kue dan frosting memiliki kandungan gula dan pewarna yang tinggi. Kata pakar ADHD Naheed Ali produk dengan kandungan pemanis buatan meningkatkan risiko gejala ADHD dibandingkan dengan pemanis alami.

ilustrasi asupan yang dihindari anak dengan ADHDilustrasi asupan yang dihindari anak dengan ADHD/ Foto: (Thinkstock)
5. Bagaiman dengan ikan?

Naheed mengatakan makan ikan dengan kadar merkuri sedikit bisa berpengaruh pada gejala ADHD dalam janga panjang. Seperti selulosa, merkuri sulit dicerna dan dalam jangka panjangan bakal terakumulasi di otak.

"Anak berisiko makin hiperaktif. Untuk konsumsi ikan, lebih baik konsultasikan dengan dokter," ujar Naheed.

6. Makanan yang sensitif

Beberapa anak dengan ADHD punya sensitivitas terhadap makanan tertentu. Umumnya, makanan yang bisa memicu gejala ADHD karena anak sensitif pada makanan tersebut adalah susu, cokelat, telur, gandum, jeruk, anggur, kedelai, kacang, jagung, dan tomat. Penting bagi Bunda mengonsultasikan makanan tersebut dengan dokter sebelum memberinya ke si kecil.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi