parenting

5 Hewan Unik yang Aman Dipelihara Anak

Asri Ediyati Kamis, 25 Oct 2018 10:03 WIB
5 Hewan Unik yang Aman Dipelihara Anak
Jakarta - Sebelum memutuskan untuk pelihara hewan di rumah, pastinya bunda dan anak butuh diskusi panjang. Memang, ada keuntungan yang bisa didapat anak ketika memelihara hewan. Dilansir Popsugar, memelihara hewan bisa mengajarkan anak tanggung jawab dan empati.

Nah, jika Bunda dan anak ingin pelihara hewan tapi terkendala dengan bulu binatang, berikut hewan unik yang aman dipelihara anak seperti HaiBunda rangkum dari beberapa sumber.

1. Kadal


5 Hewan Unik yang Aman Dipelihara AnakLeopard gecko/ Foto: 20detik
Ketika Bunda berpikir untuk mengadopsi hewan peliharaan, kadal mungkin bukan hewan pertama yang datang ke pikiran. Tapi ternyata ada beberapa jenis yang aman dipelihara oleh anak. Menurut Reptiles Magazine, tergantung pada spesiesnya, kadal dapat ditangani secara teratur. Kadal berjanggut dan leopard gecko adalah dua jenis kadal yang ramah untuk pemula.

Satu hal yang harus diperhatikan saat memelihara kadal, yakni tempat berjemur. Pastikan kadal rutin dipaparkan sinar matahari untuk basking dan kesehatannya.

2. Hamster
5 Hewan Unik yang Aman Dipelihara AnakHamster/ Foto: (Thinstock)

Pada tahun 2016, Kate Middleton mengungkapkan Pangeran George dan Putri Charlotte memiliki seekor hamster peliharaan bernama Marvin. Hamster adalah hewan peliharaan yang paling mudah, lucu, dan cocok untuk anak-anak. Menurut PBS Specialist Pet Travel, hamster mudah dirawat, relatif bersih, dan bisa hidup sendirian atau soliter.

Hamster adalah hewan nokturnal artinya mereka aktif di malam hari. Satu yang perlu diingat, hamster bisa menggigit jika nggak ditangani dengan lembut dan baik.

3. Kelomang
Kelomang/ Kelomang/ Foto: iStock

Kelomang bukan hewan peliharaan yang terlihat lucu seperti anjing atau kucing. Namun, hewan yang satu ini ramah anak. Mengutip PetCo, kelomang mudah dipelihara karena hanya makan buah dan sayur. Jika niat untuk memeliharanya jangan lupa untuk menyediakan tempat yang luas dan sediakan rumah cangkangnya. Hal ini karena kelomang bisa tumbuh jadi lebih besar.

4. Marmut atau guinea pig
5 Hewan Unik yang Aman Dipelihara AnakMarmut/ Foto: Instagram @fuzzberta

Marmut sangat mudah dipelihara oleh anak. Seperti kelinci mereka bisa makan pelet atau sayuran segar, bahkan buah. Yang menarik dari pelihara marmut, mereka akan mengeluarkan bunyi jika berinteraksi dengan sesama marmut. Jangan lupa secara teratur membersihkan kandangnya.

5. Ikan cupang
5 Hewan Unik yang Aman Dipelihara AnakFoto: iStock

Ikan bisa menjadi hewan peliharaan pertama yang sangat baik untuk anak-anak. Hal ini karena perawatannya yang sangat mudah. Saking mudahnya, Bunda hanya perlu mengganti air akuariumnya seminggu sekali. Ikan cupang juga bisa hidup di wadah yang sempit seperti toples. Untuk pakan, ikan cupang nggak terlalu banyak makan kok, Bun. (aci/nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi