sign up SIGN UP search


parenting

Tips agar Anak Berprestasi, Bunda dan Ayah Wajib Tahu

Amelia Sewaka Kamis, 08 Nov 2018 11:03 WIB
Ayah Bunda ingin anak berprestasi? Yuk simak tipsnya dari psikolog berikut ini. caption
Jakarta - Siapa sih orang tua yang tak bangga saat melihat anak berprestasi, baik di bidang akademis maupun lainnya. Nah, kadang cara mendidik jadi masalah ketika orang tua berharap agar anaknya berprestasi.

Psikolog anak, remaja, dan keluarga dari Tiga Generasi, Samanta Ananta, memberikan sedikit tips nih untuk para orang tua yang ingin anaknya berprestasi. Kata Samanta, supaya berprestasi anak perlu dibina sejak balita, dimulai dari usia 3 tahun.

"Karena pada masa ini anak mulai mengembangkan keterampilan psikososialnya yaitu inisiatif, yang dapat merangsang bagaimana anak nantinya mengembangkan kemandirian dan kepercayaan diri," papar Samanta saat ngobrol dengan HaiBunda.


Lewat perilaku inisiatif yang muncul, anak bisa mulai mengembangkan sikap berani. Seorang anak yang memiliki prestasi gemilang, lanjut Samanta merupakan anak yang berani mengambil inisiatif dengan tampil percaya diri serta dengan tujuan yang positif.
Tips agar Anak Berprestasi, Bunda dan Ayah Wajib TahuFoto: Istock




"Selain itu, anak pun perlu dibekali dengan asupan nutrisi dan gizi yang sehat agar fisiknya kuat dan memiliki kekebalan tubuh yang baik," tambah ibu satu anak ini.

Apabila diperlukan, latihan rutin juga bisa dilakukan sejak dini agar anak terus mengasah kemampuan endurance dan keterampilan lainnya. Misalnya kegesitan dan kecepatan geraknya.

"Ketepatan gerak visual motoriknya juga perlu dilatih rutin selain keseimbangannya. Nah, dengan hal ini bisa tercapai tuh hasil yang gemilang jika anak sudah terstimulasi dengan baik sejak lahir," tutur Samanta.

Sebab, periode perkembangan sensori dan motorik seorang anak pada prinsipnya sudah dimulai sejak lahir. Nah, anak bisa lebih fleksibel di masa pertumbuhannya jika banyak menggerakkan atau melatih refleks otot-ototnya.
Tips agar Anak Berprestasi, Bunda dan Ayah Wajib TahuFoto: Istock

Tidak lupa, asupan yang tepat juga bisa memengaruhi prestasi anak lho, Bun. Dengan pemberian nutrisi yang baik, maka kecerdasan anak juga akan meningkat. Lantas nutrisi seperti apa yang dibutuhkan?

"Anak usia sekolah dasar membutuhkan kebaikan gizi dari vitamin dan mineral seperti zink, zat besi, untuk mendukung banyaknya aktivitas mereka," ujar pakar nutrisi dan pemerhati gaya hidup, Dr Grace Judio-Kahl seperti dilansir detikcom.

Asupan ini bisa didapatkan dari mengkonsumsi makanan seperti hati sapi, hati ayam hingga bayam. dr Grace menambahkan, bahan-bahan makanan ini juga tinggi akan asam folat yang dibutuhkan anak. Sebagai patokan, makanan-makanan ini dapat disajikan dengan cara membagi piring menjadi tiga. Bagian pertama untuk karbohidrat seperti nasi, kentang dan bihun. Bagian kedua untuk asupan protein seperti ikan, ayam dan daging.

"Lalu yang juga penting, perhatikan di bagian ketiga ini memenuhi asupan vitamin dan mineral seperti sayuran dan buah," tambah Grace.

(aml/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi