parenting

4 Bahan Alami untuk Lebatkan Rambut Bayi

dr Jolinda Johary Sabtu, 10 Nov 2018 14:32 WIB
4 Bahan Alami untuk Lebatkan Rambut Bayi
Jakarta - Pertumbuhan rambut bayi tentunya jadi salah satu prioritas utama Bunda untuk merawatnya bukan? Bagaimana tidak, setiap orang tua tentunya menginginkan bayinya memiliki rambut yang hitam dan tebal.

Tapi, karena beberapa alasan, rambut anak bisa aja nggak kunjung melebat.
Jangan khawatir, Bunda! Yuk, coba lebatkan rambut si kecil dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut ini.

1. Seledri


Kandungan protein, kalsium, lemak, zat besi, vitamin A, B, dan C dalam seledri dapat merangsang pertumbuhan rambut. Caranya mudah kok, Bun. Hanya dengan campurkan remasan daun seledri dengan air secukupnya.

Setelah itu, oleskan campuran tadi ke kulit kepala bayi. Dengan begitu, rambut si kecil akan tumbuh dengan lebat dan hitam.



2. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya khusunya untuk perawatan rambut sudah tidak diraguka lagi. Kandungan vitamin A, B, C, dan E, kalsium, seng, asam folat, zat besi, dan magnesium yang ada dalam batang lidah buaya terbukti berguna untuk mencegah kerontokan serta menjaga kesehatan rambut bayi.

Bunda cukup mengoleskan lendir lidah buaya ke kulit kepala bayi, kemudian pijat lembut selama 10-20 menit. Jangan lupa bilas kepala bayi sampai bersih menggunakan air hangat dan sampo. Lakukan secara berkala ya, Bun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ilustrasi rambut bayi lebatIlustrasi rambut bayi lebat/ Foto: Istock
3. Kemiri

Kandungan lemak, vitamin B1, dan asam lemak pada kemiri dapat menyuburkan dan menghitamkan rambut si kecil. Cara penggunaannya, tumbuk beberapa butir kemiri hingga minyaknya terekstraksi. Lalu, oleskan minyak tadi ke kulit kepala bayi. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.



4. Madu

Tahukah Bunda? Madu terbukti mampu menguatkan akar rambut serta mencegah kerontokan lho. Untuk melebatkan rambut bayi menggunakan madu, caranya hampir sama dengan saat kita memanfaatkan lidah buaya. Oleskan madu ke sekitar kepala bayi dan pijat lembut. Diamkan selama 15 menit lalubilas sampai bersih.

Selain cara di atas, pastikan asupan nutrisi buah hati banyak mengandung protein serta omega 3 karena dua unsur tersebut terbukti dapat menjaga kesehatan dan merangsang pertumbuhan rambut. Semoga membantu, Bunda!

*dr Jolinda Johary saat ini bergabung dengan go dok


(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi