parenting

5 Cara Mengajari Anak Sopan Santun

Safira Raudhatul Rabu, 14 Nov 2018 19:00 WIB
5 Cara Mengajari Anak Sopan Santun
Jakarta - Baru-baru ini viral video lima murid SMK di Kendal membully gurunya yang diketahui bernama Joko Susilo. Dalam video yang berdurasi 24 detik itu, Joko seolah dikepung para siswa dan saling tendang hingga sebelah sepatunya lepas. Namun pihak sekolah memberikan keterangan hal itu hanya bercanda.

Menanggapi hal ini, komisioner KPAI Retno Listyarti mengatakan pihak sekolah dan guru Joko mengakui perbuatan yang terekam video viral tersebut hanya bercanda, bukan kekerasan. Namun pihak sekolah menilai candaan tersebut sudah melampaui batas.

"Beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut ialah karakter siswa yang kurang terbina dengan baik di rumah maupun sekolah sehingga perilakunya kurang sopan. Faktor lainnya ialah rendahnya kompetensi pedagogik guru, terutama dalam penguasaan kelas, serta upaya penciptaan suasana belajar yang kreatif, menyenangkan, dan menantang kreativitas serta minat siswa," tutur Retno dikutip dari detikcom.


Cara mengajari anak sopan santunCara mengajari anak sopan santun/ Foto: Istock
Ya, mungkin si murid hanya bercanda. Tapi, berangkat dari kasus ini ada pelajaran yang bisa diambil orang tua yakni pentingnya mengajari anak sopan santun. Sehingga, di mana pun termasuk di sekolah anak bisa bertindak sopan pada orang yang lebih tua. Mendidik anak agar memiliki sopan santun bisa kita mulai dari rumah lho, Bun, dengan lima cara ini:



1. Beri contoh ke anak

Sebagai orang tua kita harus mencontohkan ke anak sikap yang sopan pada orang lain. Kemudian bicaralah dengan nada yang baik ke anak. Dengan begitu anak dapat meniru apa yang kita lakukan, Bun. Demikian dikutip dari Education.

2. Ajari anak berterima kasih

Selalu ajari anak untuk berterima kasih saat diberi sesuatu oleh orang lain. Atau saat meminta sesuatu ke orang lain, latih anak berbicara yang baik dan meminta maaf ke orang lain jika melakukan kesalahan.

3. Ajari anak mengucapkan 'tolong' dan 'terima kasih'

Ajari anak mengucapkan 'tolong' saat meminta sesuatu dan mengucapkan 'terima kasih' saat dia permintaannya dipenuhi. Hal ini sudah bisa diajarkan pada anak sejak usia balita, Bun. Perilaku sopan juga bisa ditanamkan pada anak dengan selalu menggunakan nada bicara yang baik dan sikap yang menyenangkan saat berinteraksi dengan orang lain.

Dengan tahu orang di sekitarnya berharap mereka bisa jadi sosok yang lebih baik, anak tumbuh jadi lebih percaya diri dan memiliki harga diri yang lebih baik. Cara ketiga yang bisa dilakukan

4. Ajari anak disiplin

Mengajari anak disiplin agar punya sopan santun bisa diterapakan di rumah seperti mengerjakan PR sebelum tidur, menggunakan ponsel di waktu tertentu dan mengajak makan di tempat makan. Selain itu, usahakan bertanya pada anak apa kegiatannya di sekolah. Dengan begitu, anak terbiasa terbuka dengan orang tua, Bun, demikian dilansir Kids Health.

5. Beri solusi

Saat anak menceritakan masalah yang dia alami, coba beri mereka solusi. Ajak anak berkomunikasi dan diskusikan apa solusi yang bisa dilakukan. Sehingga, anak akan merasa didengar dan dimengerti dan mereka akan melakukan hal itu pula pada orang lain.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi