parenting

Tingkah Menggemaskan Jan Ethes Saat Jokowi Nyanyi Indonesia Raya

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 08 Dec 2018 12:57 WIB
Tingkah Menggemaskan Jan Ethes Saat Jokowi Nyanyi Indonesia Raya
Jakarta - Tingkah anak-anak memang ada-ada aja dan bikin gemas. Seperti yang dilakukan cucu pertama Jokowi, Jan Ethes Srinarendra. Saat diajak jalan santai bareng keluarganya, Jan Ethes menunjukkan sikap hormat lho. Aih, lucunya.

Dilansir detikcom, Sabtu (8/12/2018), Jokowi memboyong keluarganya, kecuali Kaesang jalan santai ke Istana Bogor. Di sela-sela jalan santainya, seperti biasa Jokowi mengiskan waktu bareng Jan Ethes.

Jokowi dan Jan Ethes kemudian menyapa wartawan. Di depan wartawan, Jokowi meminta Jan Ethes menunjukkan kemampuannya bernyanyi lagu Indonesia Raya. "Coba nyanyi Indonesia Raya," kata Jokowi.


Jan Ethes tampak malu-malu. Dia diam, namun Jokowi kemudian memulai bernyanyi.

"Indonesia, tanah airku, tanah tumpah darahku," ucap Jokowi.



Mendengar kakeknya bernyanyi, Jan Ethes langsung menunjukkan sikap hormat. Tangan kanannya Jan Ethes lantas diangkat dan menempel ke sisi kepala kanannya. Melihat itu, Jokowi melanjutkan beberapa bait lagu Indonesia Raya. Jan Ethes masih menujukkan sikap hormat. Gibran yang berdiri di samping Jokowi juga tampak menyemangati anaknya untuk menujukkan sikap hormat.

[Gambas:Instagram]



Aih, menggemaskan banget ya tingkah Jan Ethes. Kecil-kecil dia sudah menunjukkan rasa cinta tanah air nih. Psikolog pendidikan, Orissa Anggita Rinjani, mengatakan anak usia sekolah dasar dan sekolah menengah pertama kemampuan kognitifnya sudah berkembang.

"Mereka bisa diajak diskusi tentang arti kemerdekaan secara lebih mendalam, nggak cuma kemeriahan lomba 17 Agustusan atau pawai merah putih," kata wanita yang akrab disapa Ori ini. Dengan begini, rasa cinta tanah air anak bisa terpupuk kan, Bun?

Untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak, ada lima hal yang bisa Bunda dan Ayah lakukan yaitu:
1. Mengajak anak nonton film edukasi tentang Indonesia
2. Mengajak anak mencicipi kuliner khas Indonesia
3. Mengenalkan anak pada cerita rakyat Indonesia
4. Ajak anak mengenal permainan tradisional
5. Ajak anak mengunjungi museum.

Bicara soal mengunjungi museum, riset dari Mary Ellen Munley anak-anak yang mengunjungi museum lebih mudah mempelajari hal-hal seperti sejarah dan biologi. Soalnya, mereka dapat melihat dan menyentuh langsung obyek yang ada di dalamnya. Ini berbeda dengan pembelajaran di sekolah yang bersifat teoritis.

Kalau buat Bunda dan Ayah, gimana cara menanamkan rasa cinta tanah air pada anak? Samakah dengan yang dilakukan Jokowi yang sering disapa Mbah Owi pada Jan Ethes?


[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi