parenting

Libur Lebaran Ala Jokowi, Ajak Jan Ethes Plesir ke Malioboro

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 07 Jun 2019 15:31 WIB
Libur Lebaran Ala Jokowi, Ajak Jan Ethes Plesir ke Malioboro
Jakarta - Libur Lebaran jadi momen kumpul bareng keluarga. Apalagi untuk seorang kakek, sebisa mungkin mereka ingin menghabiskan waktu dengan cucu tercinta. Seperti yang dilakukan Jokowi bersama cucu pertamanya, Jan Ethes, nih, Bun.

Saat mengisi libur Lebaran dengan mengunjungi Yogyakarta, Jokowi menyempatkan diri mengajak Jan Ethes berkeliling Malioboro. Tak lupa, si bungsu Kaesang juga turut mendampingi.

Libur Lebaran Ala Jokowi, Ajak Jan Ethes Plesir ke MalioboroFoto: (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Di akun Instagram-nya, Jokowi mengunggah foto ketika dirinya dan Jan Ethes naik andong. Jokowi bilang, dia mengisi libur Lebaran bersama Jan Ethes dan Kaesang. Menurut suami Iriana ini, Yogyakarta menawarkan banyak tempat yang asyik.


"Semalam, kami ke Jalan Malioboro, ikon wisata kota ini. Kami ke mal, mencobai beberapa wahana permainan anak, lalu pulang ke Gedung Agung dengan andong wisata," tulis Jokowi.

Baik Jokowi maupun Jan Ethes tampak bahagia bisa menghabiskan waktu bersama. Memang, menghabiskan waktu bareng bisa bermanfaat untuk kakek dan nenek juga si cucu. Dikutip dari Retire At Home, studi terbaru menemukan kakek dan nenek yang menghabiskan waktu lebih banyak dengan cucunya cenderung lebih panjang umur.

"Ada hubungan ketika kakek dan nenek bisa memberi perawatan pada cucunya, risiko mereka depresi dan sakit berkurang. Bahkan, efek ini berlaku ketika kakek dan nenek berinteraksi dengan anak-anak yang bukan cucu mereka langsung," kata salah satu peneliti, Dr.Ronan Factora.

Sementara itu, dilansir Pure Wow, ada keuntungan yang dirasa anak saat sering menghabiskan waktu dengan kakek atau neneknya. Kakek dan nenek menawarkan tempat yang paling aman sehingga anak enggak gampang cemas. Kata sosiolog Sara Moorman, dengan begini kebahagiaan anak akan meningkat.

Studi dari Oxford University juga menunjukkan anak yang menghabiskan waktu dengan kakek atau nenek cenderung berperilaku lebih baik dan risikonya mengalami masalah perilaku berkurang. Sebab, kakek dan nenek bisa jadi tempat anak 'kembali' ketika mereka memiliki masalah dengan orang tuanya, bahkan temannya.

Simak juga, Bun, aksi menggemaskan Jan Ethes saat menjawab pertanyaan media:

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi