parenting

Penyebab dan Solusi Gigi Menghitam Pada Anak

Amelia Sewaka Minggu, 16 Dec 2018 07:05 WIB
Penyebab dan Solusi Gigi Menghitam Pada Anak
Jakarta - Kebiasaan membersihkan gigi dan mulut perlu ditanamkan sejak dini, bahkan saat gigi si kecil belum muncul. Jika terlambat dibiasakan, anak bisa malas menggosok gigi. Akibatnya, gigi rusak bahkan warnanya bisa berubah jadi hitam.

Penyebab lain gigi anak menghitam, menurut drg Bambang Nursasongko, SpKG, umumnya jika pada gigi tetap anak menghitam, itu karena banyak terpapar tetrasiklin, yang merupakan salah satu antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada kulit, usus, saluran pernapasan, saluran kemih, kelamin dan kelenjar getah bening. Tetrasiklin ini menyebabkan perubahan pada warna gigi yang terdeposit dalam jaringan gigi, sehingga gigi anak menjadi hitam.


"Tapi ingat, gigi hitam itu bukan membusuk. Kalau gigi membusuk, pulpanya (bagian tengah gigi yang terdiri dari jaringan ikat serta sel-sel yang disebut odontoblas) itu mati, jadi bikin berlubang dan syarafnya ikut mati dan buat kuman masuk," imbuh drg Bambang, saat acara Media Talk Bersama Sasha Pasta Gigi Halal, Pancaran Aura Islam di Greyhound Cafe, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.


Sedangkan drg Yulia Prapti dari Klinik An-Nur Setiabudi, Bandung, mengatakan, kondisi gigi yang hitam memang banyak ditemui pada anak-anak. Menurut dia, gigi yang berwarna hitam adalah kondisi di mana gigi sudah mengalami kerusakan sehingga keropos dan berlubang.

"Solusinya, mulai sekarang kurangi makan makanan dan minuman yang manis-manis. Rajin menggosok gigi yang baik dan benar dan kontrol ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali ya," tutur drg Yulia, seperti dilansir detikcom.


Hal ini diamini Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia, drg Rahmi Amtha, MDS, SpPM, PhD yang menyarankan untuk menjaga rongga mulut dengan sikat gigi seperti biasa. Kemudian, dia menambahkan, makan-makanan yang tidak kariogenik (penyebab karies gigi), makanan yang mudah diolah, sehingga melarutkan email gigi.

"Ya anak kecil kan suka makan-makanan yang banyak gula, banyak karbo. Makan-makanan seperti ini harus dihindari, dan perbanyak makan-makanan yang antioksidannya tinggi karena meningkatkan kekenyalan atau kolagen pada jaringan gusi, sehingga tak mudah berdarah," tambah drg Rahmi.

Jangan lupa, gosok gigi teratur yaitu setelah sarapan atau makan pagi dan sebelum tidur ya, Bunda.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi