parenting

Afgan yang Tak Pernah Lupa Pesan Sang Bunda

Yuni Ayu Amida Minggu, 16 Dec 2018 17:57 WIB
Afgan yang Tak Pernah Lupa Pesan Sang Bunda
Jakarta - Siapa yang tidak kenal Afgan? Suara yang khas menjadikannya salah satu penyanyi papan atas yang digandrungi. Rupanya, tak hanya karier yang cemerlang, Afgan juga terbilang sukses dalam dunia pendidikan.

Bagi penyanyi berdarah Minangkabau ini, semua pencapaiannya saat ini tak lepas dari dukungan dan ridho sang bunda. Di matanya, ibu adalah sosok yang protektif, keras, dan kuat.

"Ibaratnya kayak kompasnya aku lah, yang selalu ngingetin aku, ngejagain aku," kata Afgan saat ditemui dalam acara Sweet 17 Transmedia di Lapangan Transcity BSD, Tangerang, Jumat (14/12/2018).



Menurut pria 29 tahun ini, ibunya selalu mendukung kariernya, asal pendidikan tetap harus dijalani. Itu sebabnya, ia sempat meninggalkan dunia musik selama 2 tahun untuk fokus kuliah di Malaysia.

"Dari awal aku mau jadi penyanyi, Mama selalu go for it, i know you can do it, tapi pendidikan jangan ditinggalin," terang pelantun lagu Terima Kasih Cinta ini.

Afgan pun bersyukur memiliki ibu yang selalu mengingatkannya akan penting pendidikan. Terbukti berkat pesan ibunya, dia berhasil meraih gelar sarjana di Monash University Malaysia.
Afgan/ Afgan/ Foto: Yuni Ayu Amida
Wah, melihat suksesnya Afgan dalam bidang pendidikan, menurut Fiona Handayani, Co-founder and Director Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan (PSPK), sebetulnya tidak butuh banyak uang untuk mendapatkan pendidikan anak yang baik, karena parenting itu dasarnya cinta kasih. Semua orang tua pastinya punya cinta kasih. Yang terpenting adalah orang tua yang selalu mendampingi anaknya selama proses pendidikan tersebut.

"Selama kita bisa membangun hubungan yang baik dengan anak, mendengarkan anak, membina anak, mendampingi, itu sebetulnya sudah sangat positif sekali. Daripada punya banyak uang, anaknya ditaruh di bimbel aja tapi nggak dipedulikan. Karena anak ini bukan cuma otak saja lho, punya hati dan perasaan juga," kata Fiona kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Fiona menekankan bahwa orang tua juga mesti jeli terhadap kecerdasan yang dimiliki anaknya. Karena kecerdasan tidak hanya diukur dari satu parameter saja, tapi dari berbagai tipe kecerdasan.

"Penting sekali anak itu merasa dia bisa mengembangkan potensinya, baik itu potensi seni, olahraga, dan lainnya. Saya rasa, mendukung anak dalam hal yang jadi kekuasaannya itu sangat penting," tutur Fiona.


Bagi Bunda yang masih penasaran, jangan lewatkan ya pesta tiga hari tiga malam Sweet 17 Transmedia di Lapangan Transcity BSD, Tangerang, 14 - 16 Desember 2018. Selain penampilan sederet musisi Tanah Air, acara juga dimeriahkan bintang-bintang K-Pop seperti Super Junior D&E, Taeyeon, Hyoyeon, dan BoA.

Masuknya gratis lho mulai pukul 18.30 WIB. Kalau nggak sempat datang langsung, jangan khawatir Bunda. Bisa juga nonton di sini. (yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi