parenting

Mengenal Kanker Getah Bening Seperti Dialami Ustaz Arifin Ilham

Ratih Wulan Pinandu Selasa, 18 Dec 2018 14:58 WIB
Mengenal Kanker Getah Bening Seperti Dialami Ustaz Arifin Ilham
Jakarta - Kabar mengejutkan diungkap Ustaz Arifin Ilham, yang menyatakan mengidap kanker getah bening. Bahkan, Ustaz asal Bogor itu divonis terkena kanker getah bening stadium 4A.

Namun untungnya, kini Ustaz Arifin Ilham sudah terbebas dari penyakit berbahaya itu. Dikutip dari detikcom, ayah Muhammad Alvin Faiz itu berhasil sembuh dalam waktu 2 bulan 3 hari.

"Alhamdulillah ini karunia Allah. Dokternya juga terkejut, dia bilang '16 tahun saya jadi dokter, baru kali ini saya mengobati seorang hamba Allah yang mengidap penyakit kanker nasofaring dan getah bening stadium 4A dalam dua bulan, tiga hari dibersihkan oleh Allah," ungkapnya.


Bahkan, diungkap Arifin Ilham jika wajahnya menghitam akibat menjalani kemoterapi. Namun, dia optimis akan segera pulih dalam waktu tidak lama.

"Terima kasih doa kalian semua, Arifin sudah tidak dikemo lagi. Sudah selesai, sekarang ini sedang recovery dari pengobatan. Sudah dinyatakan free cancer," tambah Arifin Ilham.


Belakangan ini, banyak public figure mengalami penyakit yang sama. Sebelumnya, ada artis Ria Irawan, Olga Syahputra, dan mantan petinju asal Bali, Valentinus Nahak yang juga mengidap penyakit serupa.

Bunda, sudah tahu tanda-tanda dan penyebab kanker getah bening? Ternyata, kanker getah bening memiliki gejala yang berbeda lho, Bun. Tergantung tempatnya tumbuh di dalam tubuh. Bahkan, ada yang tidak terasa sampai kanker terdeteksi cukup besar lho.

Melansir Cancer.org, kanker getah bening atau juga dikenal sebagai limfoma dapat dilihat dari beberapa gejala umum. Di antaranya seperti panas dingin, berat badan turun, sering merasa kelelahan, perut bengkak, perut terasa begah atau mudah kenyang, dan terasa nyeri seperti ada tekanan.

Bahkan, dalam beberapa orang juga merasakan sesak napas atau batuk, sering mengalami infeksi berat, serta mudah memar dan berdarah. Namun, yang paling mudah dilihat adalah pembengkakan kelenjar getah bening di bagian leher, ketiak, dan selangkangan tanpa rasa nyeri.

"Kalau karena limfoma, benjolan justru makin besar. Juga perhatikan gejala khas limfoma lainnya, seperti demam lama dengan suhu tak sampai 38 derajat Celsius," terang Dr dr Andhika Rachman, SpPD-KHOM, dari RS Cipto Mangunkusumo, dikutip dari detikcom.

Nah, buat Bunda yang mengalami penurunan berat lebih dari 10 persen berat badan awal selama 6 bulan, wajib waspada. Apalagi jika diikuti dengan demam dan mengalami keringat sampai basah pada malam hari. Itu merupakan gejala B Limfoma.

Sedangkan untuk penyebabnya sendiri, masih banyak para ahli yang belum mengetahui secara pasti. Mengutip dari Mayo Clinic, kanker kelenjar getah bening dapat menyerang pada orang dewasa. Bahkan banyak yang didiagnosa limfoma saat berusia di atas 55 tahun.

Namun, laki-laki lebih kecil berisiko mengalami limfoma dibanding perempuan. Bahkan, penyakit yang satu ini juga lebih sering dialami orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh terganggu. Selain itu, infeksi disebut sebagai penyebab peningkatan risiko limfoma, termasuk virus Epstein-Barr dan infeksi Helicobacter pylori.

(rap/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi