parenting

Pada Usia Berapa Si Kecil Boleh Diajak Liburan?

Nabila Nufianty Putri Kamis, 03 Jan 2019 15:20 WIB
Pada Usia Berapa Si Kecil Boleh Diajak Liburan?
Jakarta - Setelah melahirkan si kecil, pasti Bunda ingin mengajaknya liburan bareng. Faktanya Bun, selain bersenang-senang, liburan bisa mengenalkan si kecil banyak hal. Namun usia berapakah si kecil boleh diajak liburan?

Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr Muliaman Mansyur, mengatakan si kecil yang berusia lebih dari dua bulan sudah bisa mulai diajak orang tua berpergian.


"Saat usia di bawah dua bulan, kondisi si kecil belum optimal seperti gendang telinga dan ubun-ubun yang baru belum sepenuhnya menutup. Perbedaan tekanan akan membuat si bayi tidak nyaman, merasa sakit, atau gelisah. Si kecil juga bisa menangis, terutama kalau liburan naik pesawat," ujar dr. Muliaman kepada HaiBunda.


Sebenarnya beberapa maskapai sudah mengizinkan Bunda membawa bayi berusia dua minggu, tapi lebih baik diajak setelah usia dua bulan agar si kecil juga merasa nyaman. Jika hendak liburan naik pesawat, pilih kursi dekat bagian depan pesawat karena tidak terlalu bising. Pilih juga kursi dekat lorong agar Bunda lebih mudah untuk bermobilitas untuk menenangkan bayi dengan berjalan-jalan.


Sementara bagi si kecil berusia satu hingga dua tahun, Bunda sudah bisa membawanya berpergian jauh. Misalnya dengan road trip naik mobil maupun kereta. Di usia ini, si kecil juga sudah mulai aktif bergerak dan semangat mengeksplorasi tempat baru. Coba pilih destinasi pantai atau tempat wisata yang punya lapangan luas agar si kecil bisa berlarian dengan bebas.


Jika hendak liburan bersama si kecil, Bunda perlu menyiapkan barang-barang yang wajib dibawa. Salah satunya adalah menyiapkan susu dan camilan bagi si kecil agar nutrisinya tetap terjaga.

"Kalau anak sudah tidak minum ASI, siapkan susu si kecil agar saat berpergian tetap diberikan nutrisi," jelasnya.

Bunda bisa membawa Morinaga Chil*Go!, susu cair anak untuk usia satu hingga 12 tahun yang dikemas praktis dan mengandung sinergi nutrisi untuk mendukung daya ingatnya. Selain itu, susu cair anak ini dilengkapi prebiotik inulin untuk mendukung pertahanan tubuh ganda dan pencernaan sehat.

(ega/ziz)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi