Sign Up search


parenting

5 Cara Seru Mengisi Liburan Anak di Rumah

Siti Hafadzoh Senin, 30 Dec 2019 11:42 WIB
5 Cara Seru Mengisi Liburan Anak di Rumah caption
Jakarta - Libur akhir tahun telah tiba. Apa rencana keluarga Bunda di liburan kali ini? Liburan bukan berarti harus jalan-jalan kok. Bunda bisa menghabiskan liburan di rumah dengan beberapa kegiatan seru.

Anak-anak membutuhkan liburan keluarga. Pengalaman liburan keluarga dapat memicu hormon oksitosin dan dopamin. Ini akan mengurangi stres dan mengaktifkan perasaan hangat dan tenang.


"Kita dapat memilih kegiatan dan upaya yang melepaskan oksitosin," kata Profesor Jaak Panksepp seorang peneliti di Washington State University dikutip dari Telegraph.


Makanya, meski cuma liburan di rumah, anak-anak juga perlu kegiatan liburan. Nah, dilansir dari berbagai sumber, berikut ini kegiatan yang bisa Bunda lakukan di rumah ketika anak libur sekolah.

1. Dekorasi kue

Ajak anak-anak untuk mendekorasi kue. Gunakan gula bubuk beraneka warna dan taburan kue untuk menghias cupcake.

Bunda juga bisa menjadikan ini sebagai ajang lomba untuk anak-anak. Biarkan mereka berkompetisi menghias kue.

2. Maraton film

Sekarang sudah waktunya anak libur sekolah, ditambah lagi musim hujan. Ini kombinasi yang tepat untuk maraton nonton film bersama keluarga.

Sambil nonton film, Bunda dan anak-anak juga bisa nih bermain peran. Misalnya, ada yang berperan sebagai penjaga loket, ada juga yang berperan sebagai penjual popcorn.

5 Cara Seru Mengisi Liburan Anak di RumahIlustrasi mendekorasi kue bersama anak/ Foto: iStock

3. Buat kerajinan tangan

Bunda dan anak-anak bisa membuat kerajinan tangan dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Misalnya, mendaur ulang botol plastik atau membuat lukisan.

4. Buat perang warna (colour war) di halaman rumah

Perang warna bisa jadi permainan yang menyenangkan bersama keluarga. Dalam permainan ini, semua anggota keluarga harus menggunakan kaus putih. Siapkan pistol air yang sudah diisi air dan pewarna makanan.

Kemudian, Bunda dan anak-anak bisa memulai perang warna. Permainan ini akan menyenangkan, Bun.

5. Berkebun

Selain menghabiskan waktu dengan si kecil, berkebun juga bisa menanamkan nilai positif lho. Berkebun mengajarkan anak untuk bertanggung jawab dan menambah pengetahuan tentang alam.

Siapkan beberapa pot kecil berwarna-warni. Lalu mulai ajarkan mereka menanam bunga. Atau, untuk anak laki-laki bisa diajari menanam biji cabai, tomat, dan tanaman lainnya.

Bun, simak tips liburan ala Fairuz Arafiq berikut ini yuk:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi