parenting

Bermain Sambil Belajar, Yuk Liburan ke Taman Sejarah Bandung

Muhayati Faridatun Jumat, 28 Dec 2018 09:10 WIB
Bermain Sambil Belajar, Yuk Liburan ke Taman Sejarah Bandung
Jakarta - Bingung Bun, mau ajak anak-anak liburan ke mana? Boleh nih, wisata ramah anak dan nggak menguras kantong. Terlebih, Bunda yang tinggal di Bandung dan sekitarnya. Yuk, kunjungi Taman Sejarah di Bandung!

Lokasinya di kompleks Pemerintahan Kota Bandung, Jawa Barat, tepatnya di belakang Balai Kota. Taman Sejarah ini sudah dibuka untuk publik sejak awal 2017 lalu. Sebagian besar warga setempat biasanya menghabiskan waktu di taman ini saat akhir pekan.


Disebut Taman Sejarah karena dilengkapi informasi tentang para pemimpin Kota Bandung dari masa ke masa. Dilansir detikcom, relief yang khusus menceritakan sejarah Bandung era Wiranatakusumah juga terpampang di taman ini.


Perjalanan Bandung dari masa lalu sampai sekarang, secara umum dituangkan dalam seni grafis modern di dinding. Mulai dari Kota Bandung prasejarah, Tangkuban Parahu, masa setelah kemerdekaan, hingga Bandung masa kini.
Salah satu spot di Taman Sejarah Bandung/ Salah satu spot di Taman Sejarah Bandung/ Foto: (Avitia/detikTravel)
"Jadi orang Bandung ini lupa sama sejarahnya, bahwa ada Bupati Bandung dulu menjadi pendiri Bandung yang dilupakan karena tidak masuk pada buku sejarah dan lain-lain," ujar Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang mengusung pendirian Taman Sejarah ini saat masih menjabat Wali Kota Bandung.

Taman seluas 2.600 meter persegi ini Bun, dulunya merupakan area parkir Gedung DPRD Kota Bandung. 'Disulap' jadi ruang publik dan terdapat kolam dangkal juga. Anak-anak pasti suka nih, berlama-lama di sini. Selain bermain, mereka juga bisa menambah pengetahuan terutama tentang sejarah Kota Bandung.


Seperti dilansir Collen Dilen, banyak manfaat yang bisa didapat ketika mengisi liburan keluarga dengan wisata sejarah. Selain quality time bersama keluarga, mengunjungi tempat sejarah merupakan cara mudah bagi anak untuk belajar dan menambah pengetahuan.

"Secara psikologis, pengalaman mengunjungi tempat sejarah memiliki kecenderungan memberi kebahagiaan tersendiri, juga memberi dampak positif bagi pribadi anak dalam membangun hubungan sosial," tegas psikolog Leaf Van Boven.

Jadi, tunggu apa lagi, Bun? Yuk, ajak anak-anak menghabiskan waktu libur dengan berwisata sejarah.




(muf/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi