parenting

Pisang Sembuhkan Diare pada Bayi, Mitos atau Fakta?

Radian Nyi Sukmasari Senin, 28 Jan 2019 10:58 WIB
Pisang Sembuhkan Diare pada Bayi, Mitos atau Fakta?
Jakarta - Saat bayi diare, pastinya Bunda sedih ya. Nah, konsumsi pisang disebut-sebut bisa bantu menyembuhkan diare nih, Bun. Memang benar begitu?

Menurut Rianti A. Md. Keb, konsumsi pisang untuk bantu menyembuhkan diare pada bayi memang jadi fenomena di masyarakat. Seringnya, bayi di bawah usia 6 bulan diberi pisang dengan cara dikerik.

"Bahkan, anak umur 1 bulan ada lho yang sudah diberi pisang yang dikerik. Ini kesalahan umum yang dilakukan orang tua. Kalau ada yang bilang pisang menyembuhkan diare pada bayi, itu mitos," tutur Rianti dalam bukunya Mitos-mitos dan Fakta-fakta Seputar ASI.



Rianti menegaskan, pisang nggak menyembuhkan diare. Lalu, gimana faktanya? Seperti kita tahu, Bun, makanan padat nggak bisa diolah usus bayi sampai mereka berusia 6 bulan. Nah, pisang merupakan salah satu jenis makanan padat yang nggak boleh diberi sebelum bayi berumur 6 bulan.

Ilustrasi bayi makan pisangIlustrasi bayi makan pisang/ Foto: AFP Photo
"Akibat pemberian pisang atau makanan padat di bawah bayi usia 6 bulan adalah timbulnya berbagai penyakit. Salah satu yang paling sering adalah diare. Diare merupakan salah satu penyakit yang sering dialami bayi dan balita," kata Rianti.

Kalau si kecil tiba-tiba mengalami perubahan dalam frekuensi dan konsistensi buang air besar, itu tanda mereka diare, Bun. Jadi, menurut Rianti jangan sembarangan memberi bayi pisang ya. Ingat juga, pisang nggak menyembuhkan diare.

"Justru sebaliknya, pemberian pisang sembarangan bisa menyebabkan penyakit yang menyerang usus bayi karena usus bayi belum bisa mencerna makanan padat. Makanya, Bunda harus hati-hati saat memberi makanan padat pada bayi di bawah usia 6 bulan," pungkasnya.


(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi