sign up SIGN UP search


parenting

Bila Anak Diare, Perlukah Langsung Diberikan Obat?

Nanie Wardhani Sabtu, 04 Sep 2021 18:30 WIB
Anak sakit perut caption

Jakarta - Bila anak tiba-tiba tidak berenergi karena mengalami diare, Bunda tentu juga ikut cemas ya. Diare adalah kondisi umum yang terjadi ketika tinja Si Kecil mengandung terlalu banyak air atau biasa juga disebut dengan mencret.

"Usus besar dirancang untuk menyerap air sehingga tinja memiliki bentuk dan konsistensi. Kadang-kadang, tinja menyerap terlalu banyak air dan menyebabkan diare," jelas Lauren Lazar, MD, Asisten Profesor di UT Southwestern. "Jika Si Kecil mencret setidaknya tiga kali atau lebih per hari, itu mungkin diare," jelasnya.

Apa yang bisa Bunda berikan kepada Si Kecil untuk hentikan diare?

Dilansir dari Childrens, biasanya, obat diare anak tidak diperlukan untuk mengobati mencret pada anak-anak. Dalam kebanyakan kasus, diare menular akut akan berhenti ketika tubuh membersihkan infeksi.


"Diare itu seperti batuk ketika pilek. Usus Bunda mencoba mengeluarkan hal-hal buruk," jelas Dr Lazar. "Jika Bunda memperlambat usus dengan obat antidiare, Bunda menjaga infeksi di dalam usus."

Jika diare Si Kecil berlangsung lebih dari beberapa hari, tanyakan kepada dokter untuk menentukan penyebab dan pengobatan terbaik. Untuk diare kronis, dokter mungkin menyarankan perubahan pola makan, obat-obatan atau perawatan berkelanjutan lainnya.

Perkembangan Janin Usia 2 Bulan


Informasi tentang obat diare anak

  • Umumnya, antibiotik tidak digunakan untuk mengobati diare menular pada anak-anak.
  • Selalu periksa dengan dokter sebelum memberi obat diare anak yang dijual bebas seperti Imodium dan Pepto-Bismol.
  • Untuk beberapa jenis diare menular, probiotik dapat membantu. Bunda dapat membeli probiotik tanpa resep dalam bentuk cair dan pil. Pastikan untuk membeli khusus untuk anak-anak.
  • Periksa dengan dokter sebelum menggunakan probiotik jika Si Kecil di bawah usia 3 tahun.
  • Jangan memberikan obat jenis apa pun kepada anak di bawah usia 3 tahun tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Lalu apa sajakah makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh Si Kecil yang sedang mengalami diare? Simak lengkapnya di halaman berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



MAKANAN YANG MEMBANTU PENYEMBUHAN DIARE PADA BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!