sign up SIGN UP search


parenting

5 Buah untuk Menghentikan Diare, Seperti Apa Sih Khasiatnya?

Dewi Ratna Jumat, 24 Sep 2021 12:25 WIB
Ilustrasi wanita makan buah apel dan pisang caption

Diare jadi penyakit yang cukup mengganggu kegiatan sehari-hari ya, Bunda. Meski tak ada secara pasti buah untuk menghentikan diare, tapi setidaknya ada beberapa yang meringankan atau membantu keluarga Bunda yang terserang diare agar tetap terhidrasi.

Di antara makanan dan minuman yang bisa membantu meringankan atau menghentikan diare, beberapa buah berikut ini bisa jadi pilihan. Masing-masing punya khasiatnya dan fungsinya sendiri dalam membantu pemulihan tubuh saat diare. Berikut daftar selengkapnya dilansir dari berbagai sumber.

Pisang

Mengandung kalium, pisang dianggap salah satu buah untuk menghentikan diare, walau sebenarnya pisang berfungsi sebagai pengganti kalium yang hilang selama diare. Kalium memang banyak berkurang ketika diare, padahal perannya adalah sebagai salah satu jenis elektrolit di dalam tubuh.


Apel

Apel yang juga dipercaya sebagai buah untuk menghentikan diare, mengandung serat larut yang membentuk konsistensi seperti gel dalam tinja dan memperlambat pencernaan. Serat larut ini ada pada bagian dalam apel, yaitu daging buahnya. Saat diare, lebih baik konsumsi apel tanpa kulitnya.

Kelapa

Kelapa memang bukan buah untuk menghentikan diare, tapi Bunda perlu mengonsumsinya saat mengalami diare. Air kelapa merupakan sumber mineral alami yang dapat membantu rehidrasi. Minum air kelapa sangat disarankan saat diare atau sedang dalam kondisi lain yang menyebabkan dehidrasi.

Anggur

Rendah kalori dan tinggi kandungan air bukan menjadikan anggur buah untuk menghentikan diare. Hanya saja, tingginya kandungan air ini jadi konsumsi sempurna untuk mengatasi masalah dehidrasi saat Bunda atau keluarga sedang mengalami diare.

Semangka

Sama seperti anggur, semangka juga bukan buah untuk menghentikan diare. Namun buah ini juga mengandung air dengan jumlah banyak. I, semangka juga tepat jika dikonsumsi saat diare, sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang.

Well, meski bukan menjadi buah untuk menghentikan diare, tapi Bunda bisa coba konsumsi 5 buah tersebut saat diare. Namun, Bunda haris perhatikan bahwa untuk beberapa buah dan sayuran tertentu, lebih baik dikonsumsi setelah dimasak, bukan mentah. Beberapa buah dan sayuran mentah justru dapat memperburuk diare.

Bunda bisa coba mengolah sup yang dibuat dengan ujung asparagus yang dimasak, buah bit, wortel, zucchini kupas, jamur, atau seledri. Bunda juga bisa memasak pure tomat atau kentang panggang tanpa kulit saat sedang diare. Namun yang lebih penting, Bunda harus tahu apa saja kandungan dalam makanan yang harus dikonsumsi saat diare berikut ini:

  1. Makanan yang tinggi pektin, seperti saus apel, pisang, dan yogurt. Pektin merupakan serat larut air yang dapat membantu mengurangi diare.
  2. Makanan yang banyak mengandung kalium, seperti jus buah, kentang tanpa kulit, dan pisang. Seperti yang sudah disebut di atas, kalium bisa berkurang karena diare.
  3. Makanan tinggi natrium, seperti sup, kaldu, atau pretzel. Garam bisa membantu menahan air agar tidak mengalami dehidrasi.
  4. Makanan dengan cukup protein. Cobalah daging sapi panggang tanpa lemak, ayam, telur, atau tahu yang dimasak dengan baik. Ini dapat membantu menghindari rasa lemas.

Jika diare tak segera mereda, maka bukan buah untuk menghentikan diare yang dibutuhkan, tapi segeralah periksa ke dokter ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!