parenting

Tahukah Bunda, Seberapa Besar Kebutuhan Air Si Kecil?

Tia Reisha Senin, 04 Feb 2019 11:35 WIB
Tahukah Bunda, Seberapa Besar Kebutuhan Air Si Kecil?
Jakarta - Kebutuhan air harian untuk si kecil tentu berbeda dengan orang dewasa, Bun. Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr Muliaman Mansyur, mengatakan bahwa bayi dan anak membutuhkan air lima kali lebih banyak dibandingkan orang dewasa.

"Di mana kebutuhan air untuk bayi itu 10 - 15 persen dari berat badannya, sedangkan orang dewasa kebutuhannya 2 - 4 persen dari berat badannya. Artinya, jika bayi punya berat 5 kg, maka kebutuhan cairannya sekitar 750 ml," ujar dr Muliaman kepada HaiBunda, Senin (4/2/2019).


Bunda perlu tahu bahwa dalam sehari, si kecil perlu menghabiskan 8 - 10 gelas kecil atau ukuran 100 ml. Kebutuhan air si kecil pun bisa diperoleh dari berbagai sumber seperti cairan dari buah, susu, dan ASI.

"Penuhi kebutuhan cairan si kecil dengan cara sesering mungkin menawarkan air minum padanya. Setidaknya, si kecil harus menghabiskan 8 - 10 gelas kecil ukuran 100 ml miliknya. Tak hanya air putih, Bunda bisa menawarkan cairan berupa susu, jus buah segar tanpa gula, atau air kelapa segar. Kebutuhan cairan si kecil berbeda-beda tergantung pada berat badannya," lanjut dr Muliaman.

Tentunya, Bunda harus memberikan sumber air yang baik agar si kecil terhindar dari segala penyakit, seperti foodborne disease. Penyakit ini disebabkan karena si kecil mengonsumsi makanan atau minuman yang tercemar oleh mikroorganisme atau mikroba patogen, Bun.

"Virus seperti rotavirus dan bakteri E. coli adalah penyebab paling banyak foodborne disease dan gejala penyakit yang sering muncul karena foodborne disease adalah diare dan penyakit saluran cerna lain," jelas dr Muliaman.


Agar si kecil terhindar dari penyakit tersebut, dr Muliaman menyarankan untuk memilih air dari sumber air yang baik. Air yang murni dan steril pun tentunya harus Bunda pilih karena tubuh si kecil sangat rentan.

"Murni artinya bebas mineral dan steril artinya bebas dari bakteri, sehingga bayi dan anak bisa terhindar dari berbagai penyakit seperti penyakit-penyakit foodborne disease," lanjutnya.

Dikutip dari kidshealth.org, tanpa air, organ manusia tidak akan bekerja secara sempurna. Sebab, air mempunyai peranan penting seperti untuk membawa oksigen dalam darah, bagian dari sistem imun, menjaga temperatur tubuh tetap normal dan sebagainya.

Salah satu sumber air yang baik dan bisa Bunda berikan pada si kecil adalah Morinaga Heiko+ Water yang merupakan air murni pilihan, diproses menggunakan teknologi Ultra High Temperature (UHT) dan Aseptic Filling.

Morinaga Heiko+ Water ini dapat digunakan untuk melarutkan makanan dan minuman, seperti susu, bubur, minuman serbuk, juga dapat dikonsumsi langsung oleh seluruh anggota keluarga. (mul/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi