parenting

3 Ide Permainan Seru Bareng Anak Ketika Staycation di Hotel

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 16 Feb 2019 15:01 WIB
3 Ide Permainan Seru Bareng Anak Ketika Staycation di Hotel
Jakarta - Liburan bareng keluarga, enggak perlu jauh-jauh sampai ke luar kota lho, Bun. Menghabiskan waktu bersama anak dan suami di hotel pun sudah terasa menyenangkan.

Ya, beberapa tahun belakangan, staycation menjadi liburan gaya baru untuk refreshing para pasangan. Engak perlu takut anak-anak jadi bosan ya, karena mereka bisa menikmati fasilitas hotel untuk bermain.

Tapi pernah enggak sih, Bun, bosan menghabiskan waktu hanya di kamar aja? Alhasil, jalan-jalan ke berbagai destinasi sejenak di sekitar hotel pun dilakukan. Apakah Bunda pernah mengalaminya? Wah, sayang sekali sebenarnya ya, Bun, melewatkan agenda kebersamaan di hotel. Sesungguhnya, di dalam kamar pun kita bisa kok menciptakan keseruan dengan anak-anak.



Seperti diketahui, Bun, esensi dari liburan bersama keluarga tentunya berkontribusi positif terhadap ikatan keluarga, komunikasi dan solidaritas. Mengutip Psychology Today, sebuah penelitian yang dilakukan Profesor Xinran Lehto dari Purdue University mengatakan bahawa liburan diharapkan dapat menguatkan hubungan antar anggota keluarga.

"Kenangan bersama keluarga dan waktu yang dihabiskan bersama membantu menguatkan ikatan kebersamaan anggota keluarga,"katanya.

Seperti halnya saat berlibur di hotel, Bunda juga bisa menciptakan kebersamaan dan menghadirkan kehangatan dengan anggota keluarga lainnya. Berikut beberapa cara yang bisa Bunda dan Ayah lakukan bersama anak-anak untuk menikmati staycation di hotel.

Bermain tebak-tebakan
Cobalah untuk menuliskan nama film, buku, benda, atau tempat di selembar kertas. Kemudian, bagilah kelompok dengan anak-anak untuk berbagi tugas siapa yang harus menjawab tebakan dan memerankannya. Perankan apa yang tertulis di kertas, kemudian biarkan anggota keluarga lainnya menebak. Tentu sangat seru kan, Bun.

3 Agenda Seru Saat Ajak Anak Staycation di HotelIde main bareng anak saat staycation/ Foto: iStock


Perang bantal
Melakukan perang bantal dengan anak-anak akan sangat menyenangkan, Bun. Anak-anak pun pasti menyukainya. Bunda dan Ayah dapat membangun tenda atau benteng dengan selimut kemudian lakukan perang bantal dengan tim yang sudah dibagi dua. Permainan ini tentu akan menguras energi anak-anak dan membuat mereka melihat kamar hotel sebagai hal yang menyenangkan. Pasalnya, mereka dapat melakukan sesuatu yang tidak dapat mereka lakukan di rumah, seperti dikutip dari laman Wikihow.

Buat handuk binatang
Ajak anak-anak bergembira membuat handuk binatang, Bun. Bunda dan Ayah dapat berkreasi mengajarkan anak-anak membuat handuk berbentuk binatang, seperti burung, anjing, kucing, dan hewan lainnya. Setelah selesai, mintalah setiap orang untuk menggambar binatang atau bermain game menebak-nebak hewan tersebut. Bunda dan Ayah juga dapat mengajak anak-anak membuat bayangan binatang di dinding, dengan tangan kemudian mintalah anak-anak untuk menebaknya.

Selamat mencoba ya!


[Gambas:Video 20detik]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi