sign up SIGN UP search


parenting

Trik Minta Tolong ke Balita agar Bunda Tak Dicueki

Melly Febrida   |   Haibunda Minggu, 17 Feb 2019 08:16 WIB
Meminta tolong ke anak terutama balita ada triknya agar orang tua tak dicueki, Bun. Yuk simak. caption
Jakarta - Ketika meminta tolong ke anak kita yang berusia balita bisa sampai berapa kali, Bun? Terkadang kesabaran saya diuji saat meminta tolong ke anak. Sekali minta tolong dengan nada lembut, mereka enggak bergerak. Sampai berkali-kali saya mengajukan permintaan ke mereka, eh malah dicueki.

Kalau sudah begitu, biasanya saya langsung emosi dan nada bicara pun meninggi. Bunda pernah mengalami hal serupa? Terkait hal ini, psikolog Adele Faber dan Elaine Mazlish menuliskan dalam bukunya How to Talk so Kids Will Listen And Listen So Kids Will Talk, ketika orang tua sudah benar-benar kesal, mengucapkan tolong dengan lembut bisa menimbulkan masalah.

Faber mencontohkan saat seorang ibu meminta anaknya tidak lompat-lompat di sofa dengan nada lembut, tapi sang anak masih saja lompat-lompat. Tak digubris, ibu lantas mengulang permintaannya tapi tetap saja, si anak cuek.


"Saat itulah kesabaran ibu diuji. Bisa jadi ibu marah dan memukul sang anak. Kita bisa lihat ibu berubah dari sopan menjadi kasar dalam waktu beberapa detik saja. Ya, faktanya ketika sudah mencoba sabar tapi nyatanya tetap dicueki, kita bisa cepat marah," kata Faber.



Ketika Bunda ingin anak-anak melakukan sesuatu dengan segera, coba bicara dengan tegas ketimbang memohon. Katakan dengan lantang misalnya, 'Sofa bukan untuk dilompat-lompati!'. Cara ini mungkin bisa dengan cepat menghentikan anak melompat di sofa, Bun.

Tapi, Faber mengingatkan, kalau balita masih saja melompat, Bunda bisa mengangkatnya dari sofa sambil mengulangi pesan dengan nada tegas bahwa sofa bukan tempat untuk melompat-lompat. Hmm, enggak ada salahnya cara ini dicoba ya, Bun.

Ilustrasi minta tolong pada anakIlustrasi minta tolong pada anak/ Foto: iStock
Anak-anak terkadang saat dimintai tolong enggak hanya diam, tapi juga bisa membantah. Kalau si kecil membantah Bunda ketika dimintai tolong, apalagi kalau umurnya 4-6 tahun, itu wajar kok. Sebab, pertumbuhan kognitif anak sudah lebih matang. Demikian dikatakan psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani yang akrab disapa Nina.

Nah, ketika si kecil membantah saat kita mintai tolong dengan membalikkan kata-kata, Nina bilang coba deh kita introspeksi diri. Misalnya, pernah nggak kita bilang ke anak ketika dia minta tolong ambilkan sesuatu, karena dia sudah besar harusnya dia bisa mengambil sesuatu itu sendiri.



"Atau, ajak anak pikirkan kembali apa yang dilakukan. Kita bisa katakan 'Oh iya, Bunda pernah ya ngomong karena sudah besar kita mestinya bisa mengambil sesuatu sendiri'. Tapi, kita ajarkan juga pertimbangan ketika kita minta tolong orang lain," kata Nina.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!