parenting

Tips Mengajari Anak Cerdas Finansial Sejak Kecil

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 28 Feb 2019 15:06 WIB
Tips Mengajari Anak Cerdas Finansial Sejak Kecil
Jakarta - Mengajari anak berhemat bisa dimulai sejak mereka kecil lho, Bun. Kuncinya, jangan malas untuk terbuka soal keuangan kepada mereka. Dari sanalah mereka belajar mengelola keuangan secara bijak.

Menurut Greg Murset, pendiri dan CEO aplikasi Busykid, pendidikan keuangan sebaiknya dimulai lebih awal dan dilakukan dari rumah. Pengenalan itu bisa dimulai dengan membahas pengeluaran sehari-hari di rumah, Bun.

Murset menyarankan sebaiknya orangtua bersikap transparan, misalnya mengenai pengeluaran rutin bulanan. Hal itu untuk membantu anak-anak memahami bagaimana mengatur keuangan dengan baik.



"Jika Bunda lebih transparan, hal itu akan sangat membantu. Bahkan ketika Bunda melakukan kesalahan sekalipun,"kata Murset, dikutip dari Times Record News.

Bunda juga dapat mengajari manajemen keuangan secara sederhana kepada anak-anak. Langsung berikan contoh dalam mengelola keuangan. Ingat ya, Bun, anak-anak selalu belajar tentang cara mengelola uang dengan memerhatikan orangtua mereka. Jadi, berhati-hatilah memberikan contoh yang baik. Jangan takut mengakui jika Bunda tidak tahu bagaimana melakukannya. Justru, sekarang waktu yang tepat untuk belajar bersama mereka.

Tips Mengajari Anak Cerdas Finansial Sejak KecilMengajari anak cerdas finansial/ Foto: iStock

Melansir Nomoredebts, Bunda bisa mulai mengajari anak untuk disiplin finansial dari mengatur uang saku. Biarkan mereka mandiri dan bertanggung jawab atas uang sakunya. Berikan kepercayaan untuk merencanakan berbagai pengeluaran seorang diri.

Setelah anak memahami bahwa orang-orang menggunakan uang untuk membeli barang-barang yang mereka inginkan, mulai untuk memberikan uang saku mingguan kepada mereka dalam nominal kecil. Bunda dapat menaikkan jumlahnya perlahan setiap tahunnya, agar sesuai dengan kebutuhan mereka.


Oh ya, Bun, belajar menjadi pribadi cerdas finansial juga dapat diperkenalkan pada anak-anak dengan cara membiasakan mereka menabung secara teratur. Bunda dapat mengatur prosesnya agar mereka dapat menyimpan uang baik di celengan atau di rekening bank. Jangan lupa, periksalah secara berkala berapa banyak uang yang telah disimpannya. Bicarakan dengan mereka apa saja rencana mereka terkait uang tabungannya.

Selamat mencobanya di rumah ya! (rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi